Aplikasi Desa Kini Terbuka Untuk Publik

0
155

Jakarta, namalonews.com- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meluncurkan aplikasi multimedia yang disebut Desa Kini.

Peluncuran aplikasi ini dilakukan saat buka puasa bersama keluarga besar Kemendes PDTT di Balai Makarti Muktitama-Jakarta pada Selasa (22/05/2018). Pada acara ini juga, Mendes PDTT Eko Sandjojo memberikan santunan kepada anak yatim-piatu.

Menteri Eko juga mengucap syukur kepada Allah atas talenta yang dimilikinya. “Alhamdulillah, kami masih diberi kesempatan untuk berbuat baik yang rakya. Ini adalah amanah Allah yang harus dipertanggungjawabkan dengan baik,” katanya.

Ia menyebut pekerjaan rumah sebagai Mendes PDTT masih banyak, khususnya upaya membangun Indonesia dari desa.

Lebih lanjut, Menteri Eko menjelaskan aplikasi desa kini terdiri atas 4 kanal utama yaitu berita, video, radio, dan jual beli.

Kanal berita yakni www.beritandeso.com berisi informasi terkait pembangunan desa, program desa, dan artikel inspiratif. Kanal berita ini terhubung langsung dengan kanal utama Kemendes PDTT.

Sementara, kanal video yakni www.ndeso.tv terdiri dari 4 rubrik utama. Di antaranya berita seputar Kemendes, bincang desa terkait program Kemendes, dan rubrik lainnya membahas Prukades, BUMDes, embung desa dan sarana olahraga desa. Dan, kanal untuk menjawabi berbagai pertanyaan netizen tersedia di Kata Menteri.

Kanal Kata Menteri diharapkan bisa memberikan jawaban atas berbagai situasi atau program yang ingin diketahui publik. Sementara, kanal tv juga bisa mereport kegiatan menteri secara langsung, khususnya saat blusukan.

Sementara, kanal radio bertujuan menyampaikan informasi melalui audio dengan 3 program di antaranya program desa termasuk program unggulan, program hiburan, dan program bincang menteri.

Sedangkan yang terakhir, kanal jual beli yakni www.pasardeso.com diharapkan bisa mempertemukan penjual dan pembeli. Kanal ini memberi kesempatan penjual untuk mengelola sendiri lapaknya dan calon pembeli dapat menghubungi langsung penjual layaknya pasar tradisional.

“Saat ini, terdaftar 32 produk dari 5 BUMDes yang telah mengiklankan produk mereka di pasarndeso.com,” kata Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Anwar Sanusi.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here