Presiden Bantah Memberi Lahan ke Perusahan

0
154

Jakarta, namalonews.com- Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintahannya tidak pernah memberikan atau membagi konsesi lahan ke perusahan besar.

Berdasarkan catatan kepresidenan, Presiden Jokowi menyebut pemerintah hanya mengambil lahan yang ditelantarkan seluas 12,7 juta hektare saat ini. Lahan ini diberikan kepada kelompok pesantren, ormas, individu-individu, dan kelompok usaha bersama.

“Saya tidak pernah membagi 1 meter sekali pun, tidak pernah. Justru yang pemerintah upayakan saat ini adalah redistribusi aset dan reforma agraria,” kata Presiden Jokowi pada Selasa (22/5/2018) seperti yang dirilis di laman setkab.go.id

Presiden Jokowi melanjutkan “justru itu, kita berikan, jangan dibalik-balik, nggak mau saya kalau dituding dengan cara seperti itu, pasti akan saya jawab, akan saya jawab,” tegas Presiden.

Hingga tahun ini, Presiden Jokowi menyebut lahan yang telah dikembalikan ke masyarakat tercatat 1.080 ribu hektare. Tahun depan direncanakan akak membagi lagi diperkirakan mencapai 4,3 juta hektare.

Presiden Jokowi menegaskan pembagian lahan sekarang lebih ketat. Tujuannya adalah menghindari penguasaan lahan terpusat pada kelompok-kelompok tertentu.

“Kita berbicara apa adanya bahwa ketimpangan seperti itu ada, iya,” katanya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here