Menko Ekonomi Dan Pengusaha Bahas Izin Online

0
163

Jakarta, namalonews.com- Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian gelar pertemuan bersama pelaku usaha dari berbagai sektor di Kantor Menko Ekonomi pada Jumat (25/5/2018). Pertemuan itu direncanakan akan membahas sistem perizinan online.

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh berbagai pengusaha di antaranya Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMI), dan perbankan.

Selain itu, Kepala Badar Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dan staf khusus Kemenko Perekonomian Edy Putra Irawadi turut menghadiri pembahasan sistem izin online tersebut.

Menko Ekonomi Darmin Nasution menyebut sistem perizinan online dibentuk karena adanya kritikan terhadap proses perizinan berusaha yang berbelit-belit. Sehingga, lanjut Nasution, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin adanya platform yang menyatukan perizinan.

“Keluhan kritik terhadap perizinan berusaha tetap masih dinilai berbelit-belit, sulit, dan bahkan tidak jelas waktunya berapa selesainya, ditambah macam-macam,” ujar Nasution.

Bertolak dari keadaan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan akan melakukan gebrakan besar dengan meminta untuk menyiapkan Perpres sebagai landasan perubahan besar dalam perizinan berusah. Sehingga, Perpres 91 pun dikeluarkan.

Nasution menambahkan Presiden Jokowi juga berharap aturan ini bisa mencakupi semuanya termasuk di antaranya aturan pusat dan daerah. Aturan yang tidak sesuai atau bertentangan akan dihilangkan.

“Nah platform ini harus bekerja sedemikian rupa sehingga satu perizinan harus dirombak besar-besaran lagi sampai tinggal yang benar-benar perlu saja. Kalau ada aturan yang tidak perlu bisa langsung dihilangkan,” ujarnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here