Masyarakat Diajak Bersedekah Saham

0
198

Jakarta, namalonews.com- Masyarakat diajak oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan PT Henan Putihrai Sekuritas melakukan zakat dan bersedekah dalam bentuk saham. Saat ini, zakat dan sedekah saham bisa diakses dengan mudah.

“Pembayaran zakat saham adalah suatu upaya yang dilakukan untuk pertama kalinya di dunia,” kata Technical Analis dan Trading Coordinator Investment Divison PT Henan Putihrai Sekuritas-Adni Kurniawan- pada Senin (28/5/2018).

Kurniawan menyebut pemakaian saham sebagai alat pembayaran sudah disahkan oleh Majelis Ulama Indonseia (MUI). MUI menambahkan saham adalah salah satu jenis harga wajib zakat jika telah mencapai nisab.

Batasan nisab untuk zakat surat berharga dengan 85 gram emas dalam masa kepemilikan adalah satu tahun. Jumlah minimal sahamnya adalah satu lot dan masuk dalam kategori Jakarta Islamic Indeks (JII).

“Sedangkan unutk sedekah saham tidak memiliki batasan tertentu,” lanjutnya.

Head on Online Tranding PT Henan Putihari Sekuritas-Astri Faizati menyebut zakat saham cukup sederhana. Investos hanya mengambil dan mengisi formulir. Sementara, nasabah Henan mengirim email.

“Yang terpenting memiliki rekening efek saham di Bursa Efek Indonesia. Hubungi langsung ke perwakilan kami untuk membantu proses sedekah atau zakat saham,” ujarnya.

Kepala Divisi Retai, Fitriansyah Agus Setiawan menilai program zakat saham bisa menjadi alternatif dalam menekan kesenjangan sosial. Bersedekah dan berzakat diharapkan bisa membuat pelaku pasar modal tertarik.

Baznas menginformasikan sedekah dan zakat akan dikeluarkan melalui program zakat Community Development. Tahun lalu, Baznas dan Henan Putihrai telah mempromosikan program Shadaqah dan zakat saham nasabah.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here