Kurs Rupiah Melemah 30 Poin

0
193

Jakarta, namalonews.com- Kurs rupiah melemah hingga 30 poin atau turun 0,21 persen, meskipun sempat menguat terhadap dolar AS. Nilai tukar rupiah per dolar AS berada di kisaran Rp 14.025 pada pembukaan perdagangan Rabu (30/5/2018).

Sementara itu, Kurs Jakarta Interbank Spot Dolar Rate menunjukan nilai tukar rupaih berada di posisi Rp 14.065 per dolar AS pada Senin (28/5/2018). Angka ini melonjak dibandingkan Jumat sebelumnya yang berkisar Rp 14.166 per dolaar as.

Analis Binaartha Securities, Reza Priyambada menyebut lonjaka rupiah mampu bergerak positif. Bahkan, lanjutnya, harus diapresiasi karena perna berada di kusaran Rp 14 ribu.

Semua ini, katanya, berkat kebijakan Gubernur BI baru Yakni Perry Warjiyo.

Meskipun, hal tersebut diboncengi oleh koreksi pertumbuhan ekonomi 2018 oleh pemerintah. Pertumbuhan ekonomi ini tidak menghalangi pergerakan rupiah yang selalu positif.

“Mulai adanya pergerakan positif pada rupiah diharapkan dapat kembali berlanjut karena masih adanya sentimen positif,” kata Pryambada.

Pryambada menambahkan kita harus cermati pergerakan dolar AS yang menguat dengan menggunakan euroi yang terimbas pada kisruh kondisi politik di Italia.

“Tetap cermati berbagai sentimen yang dapat menahan kenaikan lanjutan dari rupiah,” tambahnya.

Priyambara memprediksi kurs rupiah hari ini meningkat menjadi Rp 13.995 per dolar AS. Sedangkan di resistensi berkisar Rp 13.979 per dolar AS.

Bank Indonesia pernah menyebut tengah menyiapkan kebijakan makroprudensial dalam jangka pendek. Kebijakan tersebut berkaitan dengan kredit properti.

Selain itu, Bank Sentral juga akan memprioritaskan beberapa peraturan yang selama ini menghambat percepatan penyaluran kredit. Misalnya, pengaturan mengenai infent, termin pembayaran, dan pengaturan berapa banyak jumlah yang bisa dibeli.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here