Menhub Ingin Inka Lebih Bersaing

0
122

Jakarta, namalonews.com- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya berharap PT Industri Kereta Api (Inka) lebih kompetitif. Ditambah pula, pesanan pembuatan rangkaian kereta ke Inka semakin meningkat dan banyak sekarang.

“Saat ini, Inka membangun LRT di Palembang dan Jakarta. Hal ini harus dibanggakan dan menjadi motivasi baru untuk menjadi lebih kompetitif,” ujar Budi pada Rabu (30/5/2018).

Ia menambahkan mental bersaing menjadikan Inka mendominasi pasar pembuatan rangkaian kereta. Jika demikian yang terjadi, lapangan kerja akan diperluas dan diperbanyak.

“Keberhasilan dalam industri ini juga mampu mendongkrak angka ekspor. Untuk itu, kereta buatan Inka bisa menjadi produk unggulan Indonesia baik secara nasional dan internasional,” kata Budi.

Direktur Keuangan dan SDM Inka Mohamad Nur Sodiq jamin akan memaksimalkan potensi sekarang. Oleh karena itu, Nur meminta kemenhub mendukung Inka dengan produksi rangkaian kereta LRT.

Ia menambahkan produk buatan Indonesia bisa bersaing di Korea Selatan dan itu juga lebih baik.

Saat ini, Inka juga akan mengekspor produk ke Cina. Pada Senin (28/5/2018). Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menyaksikan teken kontrak antara jual beli antara Inka dan Philippines National Railway di Manila Filipina.

Konrak itu mencakupi pembelian empat rangkaian kereta disel dengan harga 21,1 juta atau dolar AS. Selain itu, pembelian 3 lokomotif dan 15 kereta penumpang senilai 26,1 juta.

Pengiriman pemesanan kereta itu dilakukan bertahap mulai dari 18 Januari 2020 dan 27 Mei 2020. Sebelumnya, kedua belah pihak sudah menandatangani kontrak jual beli 2 rangkaian kereta disel senila 9,7 juta dolar AS.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here