Amien Rais Hanya Mau Ketemu Jokowi di Yogya, Kenapa?

0
194

Jakarta, namalonews.com- Rencana pertemuan antara Amien Rais dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah lama direncanakan. Namun kesempatan ini dalam waktu dekat belum terlihat. Apalagi banyak kalangan menilai pertemuan antara pemimpin negara dengan Amien Rais itu bakal gagal terjadi adalah hal yang dirasa kurang bertanggung jawab.

Meskipun beredar kabar bahwa Amien Rais hanya mau ketemu Joko Widodo di Yogyakarta. Namun menurut Partai Amanat Nasional hal tersebut tidak benar, Amien Rais ingin menghindari kesan yang kurang baik jika dirinya bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Justru pertemuannya di kota Yogyakarta dimaksudkan agar terhindar dari  kesan politik yang kurang baik. Namun sebaliknya, Amien Rais akan memberikan masukan terbaik bagi pemerintah jika pada pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo nanti.

“Pertemuan di Yogya untuk menghindari kesan bahwa beliau ingin melakukan deal-deal politik yang kurang baik. Sementara faktanya adalah, andaikata ada pertemuan, pak Amien justru akan menyampaikan masukan, saran, dan kritikan bagi pemerintah. Dan pak Amien menginginkan itu disampaikan secara terbuka sehingga bisa menjadi koreksi kolektif,” kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada media, Sabtu  02/06/2018.

Dalam keterangannya lebih lanjut, pertemuan Amien Rais dengan Presiden Joko Widodo sudah lama diagendakan namun realitasnya belum bisa dipastikan. “Kalau berkenan ke Yogya, saya kira pertemuannya telah lama terlaksana. Karena saya dengar, agenda ini sudah lama diminta pihak istana,” ucapnya.

Lebih lanjut Saleh akan menyerahkan waktu sepenuhnya kepada pihak Joko Widodo agar segera terlaksana pertemuan tersebut. Amien Rais selalu siap untuk bertemu mantan Gubernur Jakarta itu.

“Terkait dengan kapan pertemuan dilakukan, kami menyerahkan sepenuhnya kepada pihak istana. Tidak ada waktu khusus yang disiapkan. Demi kebaikan bersama, Pak Amien siap bertemu kapan saja,” ujar Saleh. Kita tunggu saja. Yang jelas, Presiden Joko Widodo pingin ketemu dan silaturahmi dengan Amien Rais, entah dalam waktu dekat ini atau kapan. Kita tunggu saja.

Pak Amien Rais selalu membuka pintu untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Seperti informasi sebelumnya, namun pertemuan itu dimintanya dilangsungkan di Yogyakarta.

“Saya menyampaikan amat sangat mudah sekali, ya. Silakan Pak Jokowi terbang ke Jogja bukan semata-mata ketemu saya, tapi mungkin mau ke (Universitas) Gadjah Mada, Gunung Kidul, Sleman, mampirlah ke rumah saya,” kata Amien kepada media, di Jakarta beberapa waktu silam.

Pihak istana pun mengaku tak masalah dengan syarat itu. Menurut istana, permintaan bertemu Jokowi di Yogyakarta adalah hak Amien.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here