JK Minta Kader Golkar Kerja Sama Perbaiki Citra Partai

0
228

Jakarta, namalonews.com- Wakil Presiden yaitu Jusuf Kalla atau yang lebih dikenal dengan JK meminta kader Golkar untuk bersama-sama untuk memperbaiki partai. Menurutnya, setelah mengalami sebuah gelombang yang besar, saat ini tentu tersisa ria-riaknya.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa harus bersama-sama dalam memperbaiki partai, bekerja dengan sebaik mungkin, karena hanya dengan bekerja sama sebuah partai atau organisasi dapat untuk berkembang.

Sebelumnya, Partai Golkar menghadapi sebuah perpecahan di internal. Partai Golkar pernah mengalami sebuah dualisme kepemimpinan. Pada saat dipimpin oleh Setya Novianto, Golkar kembali pecar karena Novianto terjerat sebuah masalah korupsi oleh proyek e-KTP.

Baik dan buruknya citra partai tersebut, JK mengatakan tergantung dengan cara para kader untuk bekerja sama. Dengan bekerja sama, ia yakin bahwa Golkar dapat memperbaiki citra yang burung tersebut.

Pada kesempatan yang sama pula, JK memuji desain arsitektur di kantor DPD Partai Golkar. Dia memberikan selamat untuk Airlangga Hartarto yang mempunyai kantor indah.

Mempunyai kantor dengan desain arsitektur yang indah tersebut menandakan adanya sebuah dinamika baru pada tubuh Golkar.

JK memberikan selamat atas kantor Golkar yang undah, hal tersebut menandakan adanya pembaruan dan dinamika.

Wujud dari kantor tersebut menurut JK menandakan Golkar akan menuju masa depan yang lebih baik. Dan akan segera meninggalkan masa lalu yang begitu kelam.

JK mengungkapkan beginilah jika kita akan bersifat pembaruan, meninggalkan masa lalu dan menuju masa depan namun tetap memiliki sejarah masa lalu.

JK memberikan beberapa wejangan kepada Partai Golkar harus menjaga image nya yang baik apalagi dalam keadaan yang tidak berkuasa maka menjadi pertimbangan yaitu image yang baik. Begitu image Golkar tersebut rusak maka otomatis berbagai survei akan turun pindah ke partai lainnya.

Selanjutnya, kedatangan pengurus tingkat satu Partai Golkar sendiri menemui JK untuk menyampaikan beberapa keinginan dalam menggelar Munaslub.

Airlangga Hartarto membenarkan hal tersebut bahwa mantan ketum Golkar tersebut memberikan sebuah arahan agar seluruh kader dapat bersatu untuk memperbaiki citra partai tersebut.

Airlangga mengatakan bahwa dari JK tentu mengharapkan Golkar dapat solid dan dapat melakukan rehabilitasi dengan sebuah mekanisme yang dimiliki Partai Golkar tersebut.

Hal serupa dikatakan oleh Dedi Mulyadi. Menurutnyam, JK meminta agar Golkar dapat merespon dengan cepat penurunan elektabilitas dengan membenahi partai tersebut.

Ia menyampaikan bahwa sebuah partai tidak mungkin melakukan survei jika opininya negatif, tingga partai tersebut diharapkan untuk melakukan perubahan kepemimpinan untuk dapat merubah opini tersebut menjadi opini yang positif.

Kemudian, kepada JK disampaikan mengenai perihal berbagai dukungan dari DPD I Golkar untuk segera menggelar Munaslub dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, JK memang menekankan bahwa sebuah elektabilitas Golkar yang turun tersebut harus direspon dengan mengeglar musyawarah tersebut sehingga terpilihlah pimpinan partai yang baru.

Berdasarkan hasil survei dari seluruh Indonesia, elektabilitas partai Golkar sangat menurun. Bahkan disalip dengan partai Gerindra yang diatasnya. Sedangkan partai perjuangan PDI-P sangat kokok dalam posisi puncak.

Hanta Yudha mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penurunan suara Golkar tersebut. Salah satunya yaitu masalah mengenai hukum yang menjerat Setya Novianto yang merupakan ketua umumnya.

Sejak Setya Novianto terjerat dengan kasus hukum, citra dari Partai Golkar sangat buruk.

Airlangga Hartarto yang akan dipilih pada saat musyawarah nasional luar biasa nanti mempunyai dua pekerjaan rumah agar Golkar tetap eksis dan bersih darii citra buruknya.

Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa dua hal tersebut yaitu rebound dan rebrad.

Sebelumnya Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kantor DPD tersebut mempunyai desain yang terbaik di Asia serta di dalam dunia politik. Dia juga berharap agar kantor tersebut akan menjadi sebuah contok bagi ketua DPD tingkat 1 yang lainnya.

Airlangga Hartarto mengatakan agar dapat menyediakan kantor yang tetap ramah terhadap para masyarakat dan kantor yang membuat para masyarakat datang ke partai tersebut.

Dia juga menceritakan bahwa setiap malam khususnya pada hari sabtu ramai dikunjungi masyarakat. Hal tersebut kata Airlangga Hartarto bahwa Golkar dengan para masyarakat. Sehingga tidak ada jarak antara Golkar dan masyarakat.

Sebuah hasil dari survei LSI yang menunjukan bahwa elektabilitas dari Golkar masih dalam peringkat kedua.

Diduga Golkar sulit untuk beranjak ke peringkat pertama karena sebuah kasus korupsi e-KTP yang menjerat Setya Novianto.

Menanggapi hal tersebut, Airlangga Hartarto menanggapi sebuah isu tersebut dan memberikan pendapatnya.

Ditemui berbagai awak media setelah menerima kunjungan dari Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa masih ada waktu sekitar 11 bulan menjelang Pilpres 2019.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa masih ada waktu 11 bulan untuk dapat memperbaiki citra diri dari Golkar untuk kedepannya menjelang Pilpres tahun 2019 mendatang.

Ia juga mengatakan bahwa dalam survei tersebut dijelaskan bahwa pengaruh dari korupsi e-KTP juga ada batasnya.

Airlangga Hartarto menuturkan bahwa untuk menghapus beberapa kesan yang negatif dari Partai Golkar mengenai kasus e-KTP tersebut, Golkar sudah melakukan berbagai langkah untuk kedepannya.

Berbagai langkah tersebut yaitu dengan mendorong Partai Golkar sesuai taglinenya yang bersih bahkan ketua fraksi telah membuat sebuah surat edaran yang tegas untuk melarang memanfaatkan berbagai hal yang tidak diinginkan.

Airlangga Hartarto membuka berbagai peluang kader terbaik Muhammadiyah agar dapat bergabung dengan partai yang berlambang pohon beringin tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Airlangga Hartarto pada saat mengunjungi kantor PP Muhammadiyah yang berada di Jakarta Pusat.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa mereka sebagai partai yang terbuka, terbuka menerima para kader yang terbaik bangsa darimanapun apalagi dari kader Muhammadiyah.

Sedangkan itu, Sekertaris Umum Muhammadiyah yaitu Abdul Mu’ti mengatakan bahwa afiliasi politik Muhammadiyah mayoritas merupakan gabungan dari Partai Golkar, khususnya yaitu kalangan Muhammadiyah yang berada di wilayah Indonesia Timur.

Afiliasi politik tersebut merupakan sebuah keberadaan kader Muhammadiyah yang memilih terjun ke dalam politik, sehingga tidak lagi menjadi pengurus yang ormas islam tersebut. Karena, Muhammadiyah secara organisasi tidak berafiliasi dengan beberapa partai politik lainnya.

Walaupun terdapat kesan yang mayoritas PAN, namun survei membuktikan bahwa afiliasi politik yang paling banyak yaitu di Partai Golkar, khususnya di wilayah bagian Indonesia Timur seperti Maluku, Papua, Sulawesi, Jawa Barat.

Sejak partai tersebut mulai berdiri, ia mengatakan bahwa terdapat beberapa bagian yang ikut di bangun oleh Muhammadiyah. Seperti, Golkar yang kuat berdiri karena terdapat berbagai aparat sipil negara yang telah terafiliasi oleh Partai Golkar.

Meskipun dengan begitu, ia meminta agar partai politik yang ada untuk diperkuat dan berkomitmen dalam memperkuat demokrasi Indonesia. Termasuk untuk meminta para warga Muhammadiyah yang berada dalam jajaran Golkar untuk turut memperkuat demokrasi di Indonesia.

Ia meminta tolong untuk dibantu agar lebih mantap serta istiqomah. Kami meminta agar partai tersebut di perkuat, termasuk yang ada di dalam Partai Golkar.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here