PKS Sambut Baik Wacana Pertemuan Amien Rais dan Jokowi

0
141

Jakarta, namalonews.com- Presiden PKS yaitu Sohibul Iman mengatakan dukungannya soal wacana mengenai pertemuan antari Amien Rais dan Jokowi. Menurutnya, hal tersebut dapat menyudahi ketegangan untuk berkembang dalam masyarakat.

Sohibul mengatakan jika secara pribadi ia sangat mengapresiasi, pertemuan tersebut akan dapat setidaknya menunjukan bahwa berbagai perbedaan sikap dalam dunia politik dan sebagainya tidak dapat menyebabkan adanya berbagai keretakan dalam hubungan sesama tokoh tersebut.

Menurutnya, wacana dari pertemuan kedua tokoh tersebut sudah lama dinantikan oleh berbagai pihak. Namun, terealisasi tidaknya, ia mengatakan bahwa hal tersebut kembali kepada masing-masing dari mereka.

Sohibul berharap bahwa pertemuan tersebut dapat terjadi. Ia kira bahwa banyak berbagai pihak yang menginginkan hal tersebut, namun tinggal bagaimana kedua belah pihak tersebut kepada mereka berdua.

Sebelumnya, Amien Rais menyatakan bahwa pertemuan tersebut ingin dilangsungkan, pendiri Partai PAN tersebut meminta Jokowi mendatangi rumahnya yang berada di Yogyakarta.

Hal tersebut dapat dilakukan agar tidak menimbulkan berbagai spekulasi liar dalam masyarakat, bahwa akan adanya beberapa opini penjungkirbalikan berbagai fakta.

Amien Rais menyampaikan sesuatu yang ia inginkan seperti sangat sopan, santun, dan etis. Memang sebaiknya Jokowi mendatangi rumahnya tersebut. Jika ia diundang ke istana, Amien Rais tidak akan mau untuk datang.

Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa pertemuan kedua belah pihak tersebut akan menjadi hal yang positif.

Namun, pertemuan tersebut harus dilandasi dengan silaturahmi bukan hanya bermuatan politis saja.

Hidayat mengatakan bahwa konteksnya silaturahim tidak harus yang bermakna politik, namun juga bermakna kemanusiaan.

Ia juga menambahkan dalam budaya Jawa, seorang pihak yang mempunyai usia yang lebih muda harus mengunjungi pihak yang lebih tua, tidak kecuali bagi Jokowi.

Sehingga, ia menilai biasa saja jika presiden lebih dahulu menyambangi Amien Rais dan menganggap bahwa hal tersebut jauh dari sebuah unsur politis.

Hidayat menjelaskan bahwa manusia orang Jawa yang muda, datang ke yang lebih tua itu merupakan hal yang biasa saja, tidak perlu dimaknai dengan semua serba politis.

Hidayat juga menegaskan bahwa meskipun kedua sosok tersebut adalah seorang tokoh politik, namun karena saat ini bulan Ramadhan, maka pemikiran mengenai berbagai unsur politis harus dikesampingkan terlebih dahulu. Sekalipun mereka merupakan insan politik namun di bulan Ramadhan ini baik untuk bersilaturahmi.

Oleh karena itu, ia kembali menekankan bahwa berbagai wacana tersebut tidak dengan sebuah politisir.

Sebelumnya, Amien Rais juga menyampaikan bahwa terdapat pihak yang ingin mencoba untuk mempertemukan dirinya dengan Jokowi.

Ia pun juga menyambut dengan baik jika benar kedua pihak tersebut akan bersungguh-sungguh dalam mewujudkan hal tersebut.

Amien Rais mengatakan bahwa sesungguhnya, ia tidak perlu menyebut siapa yang memang sebulan terakhir ini berusaha untuk mempertemukannya dengan Jokowi.

Menurut mantan MPR, Jokowi menemui dirinya karena alasan dia tidak ingin Indonesia retak lantar banyaknya berbagai kapar simpang siur mengenai keduanya tersebut. Dulu Susilo Bambang Yudhoyono dan Bu Ani juga pernah mendatangi kediaman Amien Rais.

Jika waktu Jokowi yang sangat padat, maka Amien Rais mengatakan bahwa pertemuan tersebut tidak perlu begitu lama hanya dengan secukupnya saja. Misal, hanya sekitar 20 menit saja, tidak memakai hidangan tidak masalah, Amien Rais akan menyambutnya dengan baik.

Menurut Sohibul Iman pertemuan tersebut dapat menyudahi berbagai ketegangan argumen yang dapat berkembang dalam masyarakat.

PAN akan menyambut berbagai wacana mengenai Jokowi dengan Amien Rais tersebut. Karena pada saat itu para kader dan pengikut tidak membuat suasana semakin keruh, agar pertemudan kedua belah pihak tersebut berlangsung dengan baik dan lancar.

Demikian yang disampaikan oleh Taufik Kurniawan bahwa sesama tokoh nasional dan pemimpin bangsa akan semakin banyak bertemu dan silaturahmi itu merupakan hal yang bagus. Makannya jangan terlalu menyukapi hal tersebut secara reaktif. Karena hal tersebut, ruhnya maqamnya para pemimpun dan bukan para kader dan pengikutnya.

Menurut Taufik, pertemuan kedua belah pihak tersebut dapat menjadi representasi bagi Jokowi. Sebagai pemimpin bangsa Indonesia secara kelembagaan, dan Amien Rais merupakan pemimpin di luar lembaga negaranya.

Ia berharap rencana pertemuan tersebut akan berdampak positif bagi kekuatan Indonesia. Sebab, Jokowi merupakan presiden yang formal dan leader. Sedangkan Amien Rais merupakan informal leader. Ia mengharapkan agar keduanya menjadi sebuah kekuatan bagai bangsa dan negara.

Karena itu dia meminta untuk direncanakan pertemuan antara Jokowi dan Amien Rais dipandang sebagai salah satu upaya bersilaturahmi untuk duduk bersama. Apalagi Amien Rais merupakan salah satu sosok yang memiliki sifat terbuka untuk bertemu dengan siapa saja.

Ia mengatakan bahwa Amien Rais terbuka, maka jika bertemu silaturahmi tersebut tidak ada masalah. Artinya hal tersebut justru diharapkan antara kedua belah pihal para pendukung semuanya ini duduk bersama.

Soal masalah lokasi pertemuan tersebut tidak akan jadi masalah. Karena silaturahmi tersebut dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

Menurutnya teknis pertemuan tersebut tidak perlu untuk dipermasalahkan. Jika rukun guyub serta saling menghargai maka akan semakin indah untuk kebersamaan demi kepentingan bangsa dan negara ini.

Menyikapi berbagai celotehan Amien Rais tersebut bahwa Jokowi akan dilengserkan oleh Allah, menunjukan bahwa hal tersebut sebagai kegagalan sebagai seorang pemimpin.

Achmad Baidowi mengatakan bahwa selain sudah berkali-kali maju menjadi capres pada tahun 2004 silam dan kalah, Citranya terus terpuruk. Seharusnya semakin tua ia semakin bijaksana dan santun dalam berkata agar menjadi salah satu contoh bagi para masyarakat.

Awiek mengatakan bahwa Amie Rais seharusnya bersikap lebih santun dan bijak. Menurutnya, Amien juga tidak perlu meneruskan berbagai letusan peluru panas untuk menyerang Jokowi tersebut. Apalagi, ia juga sering menyampaikan berbagi serangan panas pada saat berceramah dalam sebuah masjid.

Sebaiknya sebagai seorang tokoh senior gaya politiknya lebih bijak serta santun agar menjadi sebuah contoh yang baik bagi generasi yang akan datang. Soal Amien Rais juga tidak suka dengan Jokowi, silahkan nanti berjuang saat tahapan Pilpres yang sudah dibuka. Tidak perlu koar-koar saat ini, apalagi memanfaat momentum untuk pengajian yang di gunakan politik yang praktis.

Partai lain yaitu PDIP juga berpendapat bahwa pertemuan tersebut positif bagi perkembangan sebuah demokrasi.

Bambang mengatakan bahwa boleh bertemu, hal tersebut tentu sangat bagus dan tingkat elite sangat tinggi sudah ada poin sendiri yang akan dibicarakan.

Namun, ia juga mengkritik bahwa adanya sebuah persyaratan yang diberikan oleh Amien Rais dengan meminta Jokowi untuk menyambangi di kediamannya yaitu di Yogyakarta.

Ia mengatakan jika kalau orang tersebut sebelum bertemu sudah mematoknya dengan syarat tertentu, hal tersebut seperti pertemuan diplomasi pada kelas atas saja.

Kendati demikian, bahwa ia menilai terdapat kemungkinan Jokowi akan mengikuti persyaratan yang diberikan oleh Amien Rais.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here