Keluarga Cendana Kritik Video HAM Era Soeharto Buatan PSI

0
369

Jakarta, namalonews.com- Beredarnya video dugaan pelanggaran HAM di masa orde baru yang dibuat oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mendapat tanggapan dari keluarga mendiang mantan Presiden Soeharto, yakni Siti Hardijanti Rukmana (Mbak Tutut).

Menurut putri sulung Soeharto ini, keberadaan video tersebut menunjukkan bahwa si pembuatnya tidak memiliki keyakinan yang pasti atau tidak percaya diri. Oleh sebab itu perlu pihak lain untuk dijadikan sesuatu agar mereka dapat maju.

“Ada partai mau bilang apa saja terserah mereka. Bapak selalu ingatkan kami untuk sabar, karena Tuhan tidak tidur,” ujar Tutut saat berbuka puasa dengan wartawan di Jalan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/6/2018).

Saat ini, kata Tutut, masyarakat sudah pandai menilai mana yang benar dan mana yang tidak benar. “Kami tidak akan komentar apa-apa, terserah partai masing-masing,” katanya.

Video yang dikomentari Tutut adalah satu dari serangkaian video dengan hashtag #Mei98JanganLagi yang dibuat PSI untuk mengenang 20 Tahun Reformasi di bulan Mei.

Pada Mei 2018 lalu, PSI setiap hari mengunggah video berdurasi 1 menit tentang berbagai pelanggaran di masa Orde Baru, seperti pelanggaran HAM, Daerah Operasi Militer, penindasan umat Islam, penculikan aktivis, KKN, pemberangusan pers dan kebebasan berekspresi, dan sebagainya.

Sebelumnya juga diberitakan, Partai Berkarya yang dipimpin Ketua Umum Tommy Soeharto mengkritisi PSI terkait video tentang Presiden ke-2 RI Soeharto. Menurut Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso, video PSI tersebut kelewat batas.

Priyo meminta sebagai sesama partai baru, PSI tidak main hina, apalagi terhadap mendiang Soeharto yang notabene adalah Presiden ke-2 RI. Priyo mengaku terkejut setelah melihat video tersebut.

Katanya, dalam situasi seperti ini masih ada sekelompok orang yang secara terbuka bangga dengan simbol partainya dan melakukan kampanye hitam, tendensius. Selain itu menghancurkan dan merusak nama baik Soeharto dan keluarga, termasuk diri pribadi Ketua Umum Partai Berkarya, yaitu Tommy Soeharto,yang tak lain adalah putra Soeharto sendiri.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here