Mobil Balap Tanpa Awak yang Akan Mengaspal di Sirkuit

0
319

Jakarta, namalonews.com- Di masa depan, teknologi mobil yang mengaspal di sirkuit akan semakin canggih dari sekarang. Bahkan banyak yang memperkirakan nantinya akan ada balapan mobil tanpa awak kemudi. Demikian menurut laporan Autoevolution yang ternyata dibenarkan oleh Daniel Simon.

Daniel Simon adalah orang yang selama ini berdiri di belakang desain kendaraan film-film seperti Tron: Legacy, Oblivion, atau Captain America. Pria ini memiliki ambisi dan ide untuk menyelenggarakan balapan mobil tanpa awak kemudi yang disebut dengan Roborace. Bahkan Simon sendiri sudah memiliki satu kendaraan Robocar yang siap untuk dibawa ke sirkuit balap.

Robocar Simon tersebut memiliki panjang 4,8 meter dan lebar 2 meter. Karena tidak memiliki kokpit sehingga bobotnya sangat ringan,  hanya 1.000 kg saja. Robocar itu memiliki empat motor listrik yang masing-masing dikembangkan dengan muatan 300 kW dan dipak sampai 540 kW.

Mobil balap yang memiliki tampang keren ini memiliki kecepatan maksimum sampai 322 km/jam dan torsi 1.200 Nm.  Otak mobil itu sendiri dipasang autopilot dan sepasang platform kecerdasan buatan Nvidia Drive PX2.

Keduanya menggunakan 15 sensor ultrasonic, enam kamera, lima LIDAR, dan dua sistem radar untuk menentukan posisi mobil dan memutuskan jalur yang harus ia ambil seperti apakah menyalip atau seterusnya.

Untuk balapannya, tidak berbeda jauh seperti di Formula E. Semua tim yang akan ambil bagian dalam tiap seri akan menampilkan dua contoh kendaraan yang sama. Roborace ini adalah suatu konsep pergerakan yang disebut oleh Simon adalah balapan masa depan.

Sebelum balapan, supaya aman mobil lebih dulu akan masuk ke tes simulator yang disebut DevBot.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here