Bupati Purbalingga Tasdi Jadi Tahanan KPK

0
425

Jakarta, namalonews.com- Setelah melakukan pemeriksaan selama 1 x 24 jam dan kemudian dilanjutkan dengan gelar perkara, disimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi menerima hadiah atau janji oleh Bupati Purbalingga secara bersama-sama terkait pengadaan barang dan jasa di Pemkab Purbalingga, demikian ungkap Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/6) malam.

KPK menduga Bupati Purbalingga Tasdi yang terjaring dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (4/6), diduga akan menerima fee dari pemenang proyek pembangunan Purbalingga Islamic Center (PIC).

Namun, Tasdi baru menerima Rp 100 juta dari total Rp 500 juta yang dijanjikan. Sementara nilai proyeknya PIC sekitar Rp 22 miliar. “Diduga pemberian tersebut merupakan bagian dari commitment fee sebesar 2,5 persen,” jelas Agus.

Selain Tasdi, KPK juga menetapkan Hadi Iswanto selaku Kabag ULP Pemkab Purbalingga sebagai penerima suap. Kedua pejabat tersebut melanggar Pasal 12 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke -1 KUHPidana.

Sedangkan, tersangka pemberi suap pihak swasta yang merupakan kontraktor, yaitu Hamdani Kosen, Librata Nababan, dan Ardirawinata Nababan dan dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atas Pasal 13 UU UU Pemberantasan Tindak Pisana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke -1KUHPidana.

Purbalingga Islamic Center merupakan proyek multiyears yang dikerjakan selama 3 tahun dari 2017 hingga 2019 dengan total nilai proyek Rp 77 miliar yaitu Rp 12 miliar (tahun anggaran 2017), Rp 22 miliar (tahun anggaran 2018), dan Rp 43 miliar (tahun anggaran 2019).

Ada yang menarik saat penangkapan Bupati Purbalingga Tasdi oleh KPK. Pria ini tercatat 3 kali mengacungkan salam metal. Pertama saat akan dibawa ke Jakarta dengan kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.

Kemudian Tasdi melakukan hal serupa saat tiba di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Setelah itu Bupati Purbalingga ini kembali mengacungkan salam metal setelah resmi ditahan KPK.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here