Fasilitas Kesehatan Mudik Lebaran 2018 Ditambah

0
105

Jakarta, namalonews.com- 3.910 fasilitas kesehatan telah disiapkan untuk menjamin keselamatan penumpang di sepanjang jalur mudik lebaran 2018.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut secara keseluruhan jumlah fasilitas kesehatan tersebut terdiri dari 923 pos kesehatan, 2.231 puskesmas, 375 rumah sakit, 207 kantor kesehatan pelabuhan, dan 174 public Service Center 119.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyebut jumlah keseluruhan fasilitas kesehatan tahun ini ditambah 84 fasilitas yang baru dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, pusat layan publik 119 bisa digunakan dalam keadaan darurat untuk menerima bantuan kesehatan pada saat mudik.

“Jika terjadi masalah kesehatan dalam keadaan darurat saat mudik, segera hubungi 119,” ujar Nila.

Selain itu, Menkes juga telah mengeluarkan surat edaran tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada situasi khusus libur keagamaan 2018 dan tahun baru 2019 ditujukan kepada seluruh gubernur.

Melalui surat edaran tersebut, menkes mengharapkan gubernur berkordinasi kepada bupati dan walikota untuk membentuk tim penyelenggara kesehatan mudik lebaran, pembentukan pos kesehatan, pengadaan PSG, pemberian pelayanan kesehatan dalam 24 jam di Puskesmas dan Rumah Sakit di sepanjang jalur mudik serta lokasi wisata dan penyiapan tim gawat darurat dengan evakuasi medik.

Sementara itu, untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diimbau untuk tidak memaksa diri, tapi harus istirahat secara berkala.

Untuk roda dua disarankan beristirahat setiap dua jam, dan pengemudi roda empat beristirahat tiap empat jam perjalanan. “Gunakan waktu istirahat selama 15 menit,” tambah Nila.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here