Mudik Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

0
91

Jakarta, namalonews.com- Mudik lebaran tahun ini diyakini bisa meningkatkan dan memperkuat ekonomi masyarakat desa. Hal ini disebabkan karena mudik lebaran sangat berpotensi akan terjadinya penyebaran uang ke desa.

Demikian disampaikan Menteri Desa, pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo di Jakarta pada Kamis (7/6/2018).

“Yang pasti saya tidak menghitung berapa jumlahnya secara nominal. Namun, yang harus diketahui bahwa Bank Indonesia aja sudah cetak Rp 4 miliar lagi. Positif semuanya akan mengalir ke desa,” ujar Eko.

Di samping itu, Mendes PDTT juga menargetkan akan menggelar nonton bersama Piala Dunia 2018 di semua desa. Dengan adanya nonton bersama tersebut, Eko menyebut masyarakat desa berpeluang mendapatkan pemasukan yang lebih tinggi.

“Pada kesempatan tersebut, masyarakat bisa berjualan dan diharapkan penonton akan ajak keluarga, lalu jalan-jalan di sana,” katanya.

Eko juga menambahkan bahwa dengan adanya dana desa tentu masyarakat desa sudah siap untuk menyambut kedatangan masyarakat dari kota. Teristimewa sekarang, banyak desa memiliki pariwisata unggulan yang bisa memancing perhatian warga kota untuk berkunjung.

Eko melanjutkan tahun ini menjadi tahun ke-4 Kemendes PDTT menjalankan amanah Undang-Undang Desa nomor 6 Tahun 2014.

Eko pun menyebut selama 4 tahun belakangan ini, desa sudah banyak mengalami perubahan, perkembangan dan kemajuan yang signifikan.

“Dana desa pada 2018 yang sudah dicairkan oleh pemerintah pusat mencapai Rp 60 triliun. Dana tersebut diluncurkan ke desa melalui pemerintah kabupaten,” tambah Eko.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here