Petugas Patroli Bali Siap Pantau Lalu Lintas Mudik

0
170

Jakarta, namalonews.com- Petugas patroli pengelola Tol Bali siap menjalankan tugas pemantauan kondisi lalu lintas selama mudik lebaran. Demikian disampaikan General Manager Operasi dan Pemeliharaan PT Jasamarga Bali Tol-Ahmad Izzi di Denpasar pada Kamis (7/6/2018).

“Petugas kami siap beroperasi secara maksimal dalam 24 jam untuk memastikan keselamatan para pemudik lebaran,” ujar Izzi.

Izzi menambahkan pengelola tol juga akan menyediakan dan mengerahkan seluruh petugas patroli jalan raya, ambulans, petugas dan kendaraan penyelamat, serta petugas dan mobil derek selama 24 jalam.

Selain itu, Jasamarga Bali Tol juga akan mengawas dan memantau kondisi lalu lintas melalui kamera pengawas atau CCTV, rambu informasi elektronik dan alat pengukur kecepatan angin yang berada di sejumlah titik di jalan bebas hambatan sepanjang 12,7 kilometer itu.

Izzi melanjutkan petugas sentral komunikasi, pengamanan laut, satuan pengamanan, teknisi peralatan tol, teknisi media informasi elektronik hingga petugas tiket pemeliharaan akan dikerahkan secara optimal demi kelancaran para pemudik.

“Ratusan pekerja itu akan beroperasi secara penuh selama 24 jam yang terbagi dalam tiga pergantian waktu kerja,” lanjutnya.

Pengelola tol pertama di Indonesia itu juga menyebut akan membangun posko layanan lebaran untuk menjamin dan meningkatkan kelancaran kondisi lalu lintas selama mudik lebaran. Izzi pun memprediksi volume arus mudik lebaran akan menurun namun arus lintas tol Bali Mandara masih akan sangat padat karena Pulau tetap menjadi destinasi wisata favorit selama libur panjang lebaran.

Bertolak dari pengalaman sebelumnya, lanjut Izzi- volume lalu lintas lebaran khususnya di tol Benoa-Ngurah Rai dan Nusa Dua itu meningkat drastis. Pada 2017, volume lalu lintas saat H-7 hingga H+8 meningkat 3 persen menjadi 55 ribu kendaraan dari rata-rata normal 53 ribu per hari.

Izzi mengatakan selama 16 hari libur panjang lebaran, volume lalu lintas di tol tersebut diprediksi akan melonjak 6 persen menjadi 60 ribu kendaraan per hari dari rata-rata 54 ribu kendaraan per harinya.

Oleh karena itu, petugas patroli Tol Bali dikerahkan untuk menjamin dan meningkatkan kelancaran dan keamanan pemudik dalam 24 jam.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here