588 Posko Tanggap Bencana Siap Layani Pemudik

0
51

Jakarta, namalonews.com- 588 Posko Tanggap bencana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disiapkan di berbagai wilayah Indonesia. Kementerian PUPR menyebut 588 posko tersebut disediakan khusus di jalur lintas mudik yang rawan bencana.

Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR-Nazib Faisal menyebut posko tersebut menyebar dari Sabang sampai Merauke. Namun, Faisal mengakui sebagian besar posko tersebut menyebar di Pulau Jawa.

“Kami menyiapkan ratusan posko ini dan seperempat di antaranya berada di Pulau Jawa,” kata Fasil pada Jumat (7/6/2018).

Faisal menambahkan posko tanggap bencana dibagi dalam beberapa titik tertentu. 22 titik berada di Jawa Barat, 23 titik berada di Jawa Tengah, dan 27 lainnya di Jawa Timur.

Disebutkan pula bahwa posko tersebut menyediakan alat berat, musala, tempat istirahat, hingga dispenser. Selain itu, Kementerian PUPR juga menyiapkan fasilitas mobile pendukung yakni 26 unit toilet khusus wanitas, 30 mobil tinja, dan 4 lainnya toilet kabin di area istirahat.

Faisal melanjutkan timnya juga telah menyediakan 50 unit top up tunai di rest area, dan 40 mobile readaer untuk memudahkan proses transaksi. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tidak khawatir jika saldo kartu elektronik tidak mencukupi untuk transaksi di gerbang tol. Bahkan, Faisal mengimbau masyarakat menikmati suasana jika terjadi kepadatan di gerbang tol karena timnya akan siap melayani untuk memudahkan akses.

“Kami menyediakan semua itu. Dan, semuanya tersebar mulai dari Cikampek, Cipali, Pemalang, dan Solo,” kata Faisal.

Sebelumnya, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR-Arie Setiadi Moerwanto menyebut posko tanggap bencana tersebut adalah bagian dari upaya untuk mengantisipasi potensi longsor di 80 titik Jalur Pantai Selatan.

“Kami menyediakan pos dengan berbagai perlengkapan fasilitas di antaranya alat berat. Yang pasti, kalau terjadi sesuatu tim akan meluncur dan paling lambat sejam harus sudah ditangani semuanya,” katanya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga menyediakan layanan contact center yang bisa diakses melalui Whatsapp di nomor 0812-8383-5757. Pemudik bisa mengirimkan foto serta lokasi jika memerlukan bantuan atau terjadi bencana atau kendala di jalur mudik.

“Pusat layanan tersebut terhubung dengan TMC Polri,” kata Arie.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here