8 Cabang Pelabuhan Pelindo Siap Dipakai Saat Mudik

0
52

Jakarta, namalonews.com- PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo memastikan telah menyediakan 8 cabang pelabuhan dan 3 kawasan pelabuhan untuk memudahkan pemudik selama bulan Ramadan.

Hubungan Kemasyarakatan atau Humas Pelindo I-Fiona Sari menyebut timnya telah mematangkan persiapan untuk menyambut bulan Ramadan sebagai bentuk tanggung jawab Pelindo I.

Di Pelabuhan Sumatera Utara, Pelindo I telah mempersiapkan pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, dan Tanjung Balai-Asahan. Sedangkan untuk Provinsi lain seperti Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkalis, dan Sei Kolak Kijang juga telah dipersiapkan dengan matang oleh tim Pelindo I.

“Pelindo I terus berusaha meningkatkan persiapan di seluruh terminal penumpang untuk mengakomodasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik,” ujarnya pada Jumat (8/6/2018).

Sari menambahkan terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan-Medan sudah siap menampung 2 ribuan lebih penumpang mudik. Terminal ini, disebutkan, sudah disertai dengan 2 garbarata atau jembatan penghubung dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya. Hal ini, lanjut Sari, bertujuan untuk memudahkan penumpang naik-turun.

Pelindo mencatat penumpang pada mudik lebaran 2017 di Pelabuhan Belawan melonjak 3,4 persen. Dengan demikian, penumpang mudik lebaran di Pelabuhan Belawan pada 2017 mencapai 35 ribu orang, naik dari tahun sebelumnya yang terdaftar 33 ribu penumpang.

Pelindo pun terus melakukan pembenahan dan perbaikan di Pelabuhan tersebut. Bahkan, sekarang pelabuhan ini disertai dengan alat dan fasilitas pelengkap seperti alarm, alat pemadam kebakaran, pelampung, dan automatic gate. Semua ini bertujuan untuk menunjang keamanan, kenyamana, dan keselamatan penumpang saat mudik lebaran.

Selain pelabuhan Belawan tersebut, Pelindo I juga melalukan perombakan dan perbaikan di Terminal Sri Bintan Pura Pelabuhan Tanjung Pinang. Terminal ini disebutkan menjadi terminal tersibuk kedua di Indonesia.

Pelindo I pun telah memastikan 8 cabang pelabuhan tersebut telah siap untuk menampung penumpang mudik lebaran 2018 dengan baik.

“Kami memastikan pelabuhan-pelabuhan tersebut siap melayani angkutan mudik lebaran 2018,” ujar Sari.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here