‘Dark Sword’ Buatan Cina Melesat Dengan Kecepatan Supersonik

0
172

Jakarta, namalonews.com- Baru-baru ini Cina telah rilis jet tempur tanpa awak yang mampu terbang dengan kecepatan supersonik. Pesawat mematikan ini memiliki codenameDark Sword didesain sejak lebih dari satu dekade lalu. Namun prototipe versi aslinya baru dipamerkan akhir-akhir ini.

Para ahli pesawat tanpa awak ini memperkuat armada militer Cina dan telah diproduksi secara massal. Pesawat tempur jenis ini mampu dioperasikan dalam sebuah misi tanpa memerlukan keberadan pilot.

Awal terkuaknya desain pesawat ini bermula dari tersebarnya sebuah foto di media lokal Cina yang berlatarkan Dark Sword. Dark Sword dikabarkan memiliki kecepatan terbang hingga 1190 km/jam dan merupakan kecepatan tertinggi di kelas pesawat tanpa awak.

Sementara pesawat tanpa awak tercepat yang ada saat ini, US MQ-9 Reaper drone hanya mampu terbang dengan kecepatan 480 km/jam.

“Jika diproduksi dalam jumlah banyak tanpa harus melatih pilot, pesawat ini akan mampu menghindari misil yang diluncurkan dari jet tempur F22 milik AS,” papar Justin Bronk, pakar dan think tank pertahanan Inggris di the Royal United Services Institute.

Dark Sword diperkirakan memikili vertical stabilisers di bagian belakang pesawat seperti F22, yang artinya memiliki kemampuan manuverabilitas terhadap sistem pengintai.

Nama lain Dark Sword adalah Anjian yang juga pernah dipamerkan di Paris Air Show. Hanya saja pemerintah Cina tidak pernah terbuka mengenai pengembangan pesawat ini.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here