Tenaga Medis Karawang Siap Di Jalur Mudik

0
210

Jakarta, namalonews.com- Ribuan tenaga medis Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang-Jawa Barat tersebar di berbagai jalur mudik. Mereka ditempatkan di 19 pos pelayanan kesehatan Jalur Mudik wilayah Karawang.

“19 pos pelayanan kesehatan telah siap pada saat mudik lebaran tahun ini di 19 pos,” demikian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang-Yuska Yasin di Karawang pada Sabtu (9/6/2018).

Yasin menambahkan 19 pos pelayanan kesehatan tersebut terdiri atas 17 pos pelayanan kesehatan pembantu dan 2 pos pelayanan kesehatan utama. Untuk pos pelayanan kesehatan utama didirikan di Wilayah Tanjungpura atau di titik perbatasan Bekasi dan Karawang serta dibangung di Simpang Jomin.

“Kami telah menyediakan 1.964 tenaga medis termasuk di antaranya bidan,” katanya.

Ia melanjutkan ribuan tenaga medis tersebut disiapkan untuk melayani bila terjadi gangguan kesehatan para pemudik. Termasuk juga di antaranya adalah petugas yang melakukan pengaturan lalu lintas.

Untuk gangguan kesehatan ringan akan ditangani langsung di pos pelayanan kesehatan. Sedangkan, jikalau pemudik mengalami gangguan kesehatan berat, maka tim akan merujuk ke sejumlah rumah sakit di wilayah Karawang.

Terkait dengan keterlibatan bidan dalam pelayanan kesehatan mudik lebaran tahun ini, Yasin menjelaskan keterlibatan mereka berdasarkan apa yang pernah terjadi saat mudik lebaran tahun lalu. Pada tahun 2017, ada ibu yang melahirkan saat dalam perjalanan mudik.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here