Amien Rais Siap Nyapres 2019, Indonesia Bisa Terbang Jauh

0
163

Jakarta, namalonews.com- Amien Rais yang nama dan gelar lengkapnya adalah Prof. Dr. H. Muhammad Amien Rais adalah politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR periode 1999 – 2004. Di samping itu, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1995-1998.

Namanya mulai mencuat ke kancah perpolitikan Indonesia pada saat-saat akhir pemerintahan Presiden Soeharto. Ia merupakan salah satu orang yang kritis terhadap kebijakan pemerintah Presiden Soeharto waktu itu. Setelah partai-partai politik dihidupkan lagi pada masa pemerintahan Presiden Habibie, Amien Rais mendeklarasikan Partai Amanat Nasional (PAN).Kemudian, ia menjabat sebagai Ketua Umum PAN dari saat PAN berdiri sampai tahun 2005.

Sebuah majalah pernah menjulukinya sebagai King Maker. Julukan itu merujuk pada besarnya peran Amien Rais dalam menentukan jabatan presiden pada Sidang Umum MPR tahun 1999 dan Sidang Istimewa tahun 2001. Padahal, perolehan suara partainya, PAN, tak sampai 10% dalam pemilu 1999.

Amien Rais, yang rajin menjalankan puasa Daud itu, siap bertempur menghadapi pemipihan presiden tahun depan. Kesiapan Amien maju sebagai capres pada Pilpres 2019 disambut baik kalangan pengurus DPP PAN.

“Kami berterima kasih apabila Pak Amien bersedia maju sebagai capres. Apabila Pak Amien siap, PAN akan serius mencalonkan, running for President 2019,” ujar Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/6).

Tidak ada alasan, menurut Viva, menolak pencalonan Amein Rais sebagai calon presiden 2019.

“Pak Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta NKRI, dan cinta rakyat Indonesia,” kata Viva.

Di samping itu, tambah Viva, Amien, juga berpengalaman menjadi pimpinan nasional. Amien pernah menjadi pemimpin Muhammadiyah, PAN, dan MPR.

Kepemimpinan Amien, menurut Viva, tidak perlu diragukan lagi.

“Hasilnya terbukti dan tak diragukan,” imbuhnya.

Bagaimana dengan usianya yang tidak lagi muda?

Menurut Viva, di usianya yang sudah mencapai 74 tahun, fisik Amien cukup kuat sehingga masih sanggup mengikuti aksi dan berbagai kegiatan politik. Terpenting katanya, Amien memiliki konsep dan kapasitas leadership dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional.

“Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan,” tukasnya.

Bagaimana menghadapi pilpres 2019? Menurut pria yang ke mana-mana pergi, tak pernah lepas dari membaca ini, jawabannya seperti berikut.

“Luangkan waktu tiga menit cukup. Bisa di pagi hari, sore, menghadap kiblat, berdoa, pakai bahasa masing-masing; ‘Ya Allah, ya Tuhan kami, moga Kau beri pemimpin Indonesia yang lebih amanah’. Kalau puluhan juta orang berdoa bersama-sama, saya kira Allah malu kalau tidak mengabulkan. Kita ini hizbullah, bukan kawanan setan,” kata Amien.

Rencana majunya Amien Rais sebagai calon presiden 2019. Hal itu mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah.

Menurut Fahri, Amien Rais memiliki pandangan yang visioner bahwa demokrasi di Indonesia memiliki mesin yang supercanggih. Lanjut Fahri, jika mesin itu dikendarai orang yang punya kapasitas, Indonesia akan terbang jauh melampaui semua negara. Setidaknya, tambah Fahri, Indonesia bisa terbang jauh melebihi negara-negara lain yang merdeka bersamaan dengan Indonesia, seperti Malaysia, Korsel, Taiwan, RRT, dan lainnya.

“Akan tetapi, malang nasib kita. Bukannya pemimpin tambah canggih, eh malah tambah amatir. Inilah fakta yang membuat Amien terus merasa harus terus bicara. Orang-orang harus dibangunkan, kebenaran harus disampaikan,” sambungnya.

Atas dasar itulah, Fahri menilai wajar jika kemudian Amien Rais, yang kini berusia 74 tahun  mendapat dorongan untuk maju lagi sebagai calon presiden Indonesia 2019.

“Toh, Mahathir yang lahir 10 Juli 1925 (umur 93 tahun) baru dilantik menjadi PM baru Malaysia. Mereka berkawan,” sambungnya.

“Terus terang, setelah Mahathir naik kembali menjadi perdana menteri Malaysia, saya mendorong para senior untuk maju kembali, Ibu Mega, Pak JK, bahkan Pak Habibie, dan yang masih memenuhi syarat sah-nya. Sebab syarat kapasitas dari mereka ada. Dan Amien Rais telah mulai,” tukas Fahri.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here