Selama Cuti Bersama , Kebijakan Ganjil-Genap Di Tol Tidak Berlaku

0
126

Jakarta, namalonews.com- Selama cuti bersama lebaran 2018, khususnya pada 11-14 Juni dan 18-20 Juni 2018, aturan ganjil-genap di tol Bekasi, Cibubur, Kunciran, Tangeran, dan Karawaci tidak berlaku. Kebijakan ini akan kembali diterapkan usai cuti bersama lebaran berakhir.

“Perubahan ini berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 18 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Perhubungan PM No 36 Tahun 2018 yang berbunyi kebijakan ini tidak berlaku selama hari libur nasional,” ujar Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Jalan Tol-Budi Rahardjo di Jakarta pada Senin (11/6/2018).

Cuti bersama lebaran 2018 menjadi libur resmi nasional yang ditetapkan pemerintah melalui Keppres No 13 Tahun 2018. Dengan demikian, penerapkan kebijakan ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek (ruas Bekasi-Jakarta), Tol Jagorawi (ruas Cibubur-Jakarta), dan Tol Jakarta-Tangerang yang dikeluarkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan.

Kebijakan ganjil-genap di Tol tersebut berlaku selama 5 hari dari Senin-Jumat pada Pukul 06.00-09.00 WIB, kecuali pada hari libur nasional. Selain kebijakan tersebut, kebijakan pembatasan angkutan umum (gol III, IV, dan V) khusus untuk Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Tangerang berpeluang diberlakukan. Sementara kebijakan penerapan laur khusus angkutan umum di Tol Jakarta-Cikampek, Jagorawi, dan Jakarta-Tangerang juga akan ditangguhkan sementara.

Dengan demikian, penerapkan kebijakan pembatasan angkutan barang dan lajur khusus angkutan umum ditangguhkan juga selama cuti bersama lebaran 2018. Namun, kebijakan pembatasan angkutan barang dalam konteks libur nasional diatur tersendiri oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Sehingga, kebijakan penerapan pembatasan angkutan barang belum pasti akan ditangguhkan selama cuti bersama lebarang ini. Cuti bersama lebaran akan berakhir pada 21 Juni. Dengan demikian, kebijakan tersebut di atas akan kembali diterapkan pada saat itu.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here