Penumpang Pesawat Internasional Bali Melonjak 30 Persen

0
125

Jakarta, namalonews.com- Menjelang lebaran Idul Fitri 2018, pengunjung mancanegara mulai padati Bali. Hal ini terbukti dari laporan data perkembangan penumpang dan pesawat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai –Bali terus melonjak.

“Jumlah penumpang pesawat rute internasional di Bali meningkat 30,7 persen per 10 Juni atau H-6 Lebaran dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, jumlah kedatangan pesawat rute internasional juga naik 29 persen,” demikian Communication dan Legal Section Head Bandara I Gusti Ngurah Rai-Bali, Arie Ahsanurrohim pada Selasa (12/6/2018).

Data kedatangan pesawat rute internasional tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang tercatat mencapai 96 pesawat. Hal ini meningkat 74 pesawat lebaran dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, jumlah penumpang juga melonjak drastis dari 13 ribu pada 2017 menjadi 18 ribu pada libur lebaran tahun ini.

Arie menambahkan pengunjung domestik di Bali juga meningkat pada libur lebaran tahun ini. Tercatat meningkat 22 persen pesawat ke Bali dari berbagai kota di Indonesia. Dengan kata lain, jumlah kedatangan pesawat domestik ke Bali naik dari 101 pada 2017 menjadi 123 pesawat padan libur lebaran tahun ini.

“Jumlah kedatangan penumpang domestik bertambah dari 12 ribu pada 2017 menjadi 18 ribu orang pada tahun ini,” ujarnya.

Hingga H-6 Lebaran tahun ini, jumlah pesawat mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tercatat 849 pesawat, melonjak 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara, jumlah penumpang tercatat 131 ribu orang atau naik 5 persen dari 2017. Pada periode yang sama, pesawat penerbangan tambahang yang mendarat di Bali tahun ini berjumlah 6, 5 di antaranya meninggalkan Bandara Gusti Ngurah Rai-Bali.

Pihak Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengizinkan 724 penerbangan tambahan menjelang libur panjang dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Jumlah tersebut melonjak drastis yakin 96 persen dibandingkan 369 penerbangan ekstra lebaran tahun lalu.

Beberapa maskapai mengajukan penerbangan ekstra, di antaranya Citilink, Sriwijaya Air, Nam Air, Indonesia Air Asia, Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, dan Wings Air. Posko pemantauan Lebaran Bandara Gusti Ngurah Rai Bali dibuka sejak 7 Juni hingga 24 Juni mendatang.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here