3 Alasan PAN Calonkan Amien Rais Jadi Presiden

0
168

Jakarta, namalonews.com- Ketua Dewan Kehormatan PAN yaitu Amien Rais kini telah menyatakan bahwa siap maju untuk menjadi capres dalam Pilpres 2019 mendatang. Wakil Ketua Umum PAN yaitu Viva Yoga Mauladi juga mengatakan jika kesiapannya tersebut dibarengi dengan sebuah keseriusan bahwa PAN akan mencalonkan mantan Ketua MPR tersebut untuk menjadi capres 2019 mendatang.

Viva mengatakan jika PAN akan serius dalam mencalonkan Amien Rais menjadi capres tahun 2019 tersebut.

Viva juga telah membeberkan berbagai alasan mengenai Amien Rais akan menjadi capres 2019 mendatang. Menurutnya, hal tersebut karena Amien Rais mempunyai sebuah integritas sebagai seorang pemimpin nasional yang cinta terhadap para rakyatnya dan juga NKRI.

Amien juga dinilai mempunyai sebuah kapasitas kepemimpinan dalam membawa sebuah perjuangan bangsa Indonesia ini.

Viva mengatakan jika Amien Rais mempunyai berbagai konsep dan kapasitas leadership yang dapat memimpun perjuangan bangsa ini menuju ke sebuah cita-cita Nasional sesuai dengan berdirinya NKRI tersebut.

Viva melihat umur dari Amien Rais tidak akan menghalanginya untuk tetap maju ke depan. Secara fisik, Amien juga dinilai sangat mumpuni dalam menjalankan tugas sebagai seorang pemimpin. Amien juga sebelumnya telah menyatakan jika umur tidak menjadi sebuah masalah karena terdorong dengan sebuah kemenangan PM Malaysia Mahathir Mohamad yang kini berusia 92 tahun.

Ia mengatakan jika Amien Rais masih mempunyai fisik yang sangat kuat serta stamina yang prima dalam menjalankan berbagai aktifitas sesuai dengan tuntutan kerjanya tersebut. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan sebuah tugas pokok dalam pekerjaannya tersebut.

Viva menyebutkan bahwa tiga alasan yang membuat partainya tersebut akan mendorong Amien sebagai capres. Amien dinilai mempunyai sebuah integritas untuk menjadi seorang pemimpin nasional yang mencintai NKRI serta rakyatnya tersebut.

Kedua bahwa Amien Rais juga mempunyai beberapa konsep dan kapasitas leadership untuk memimpin perjuangan dari bangsa Indonesia ini dalam menuju sebuah cita-cita Nasional sesuai denga berdirinya NKRI.

Alasan yang ketiga yaitu karena Amien masih mempunyai fisik yang kuat dan stamina yang prima dalam melakukan sebuah tuntutan kerja.

Setelah adanya penyelenggaraan Pilkada pada tanggal 28 Juni 2018, nanti juga akan diadakan sebuah rapat Rakernas PAN untuk segera finalisasi sebuah keputusan dari partai mengenai pasangan calon presiden dan cawapres tersebut.

Amien Rais sebelumnya juga menjelaskan mengenai PAN akan mengusung empat kandidat capres dari partainya tersebut untuk ditawarkan menjadi koalisi yaitu, dirinya, Zulkifli Hasan, Sutrisno Bachir dan Hatta Radjasa.

Amien Rais menyatakan bahwa dirinya siap maju menjadi capres tahun 2019 mendatang. Menanggapi hal tersebut, 10 partai politik RI memberikan berbagai respon yang berbeda-beda. Kesiapan Amien tersebut disampaikannya seusai acara buka puasa dikediaman Zulkifli Hasan.

Para parpol lainnya yang siap mendukung Amien, berikut ini responnya.

PAN menyebutkan bahwa salah satu pemicu dari majuna Amien sebagai capres yaitu karena beberapa faktor kemenangannya sebagai PM Malaysia pada usia yang ke 92 tahun. Amien yang masih berusia 72 tahun saat ini dinilai masih sanggup untuk memimpin bangsa ini.

Gerindra mengatakan jika Amien masih mempunyai sebuah hak untuk dapat maju sebagai capres secara konstitusional. namun apakah Partai Gerindra tersebut siap untuk menyorongkan Amien sebagai capres atau cawapres yang akan dibahas setelah dilaksanakannya Pilkada Serentak.

PKS mengapresiasi keputusan dan niat dari Amien tersebut. Meskipun, PKS menyarankan agar figur muda yang akan lebih didorong untuk menjadi pemimpin bangsa ini. Figur muda tersebut termasuk 9 capres atau cawapres yang telah dimiliki oleh PKS.

Ali Sera mengatakan jika apresiasi niat untuk mengusung Amien usia 74 tersebut tentu lebih muda dari usia Muhathir Mohammad 92 tahun tersebut. Namun akan lebih baik jika mulai untuk memberikan kesempatan pada para yang muda untuk dapat memimpin bangsa tersebut.

Hanura telah meragukan niat dari Amien maju mejadi capres. Hanura meminta terhadap Amien untuk mengubur angannya tersebut untuk manju sebagai capres.

Nasrullah Zubir meyarankan terhadap Amien Rais agar jangan berfiksi ingin menjadi capres dan lebih baik untuk berdzikir saja.

PPP menilai bahwa kapasitas dari Amien tersebut berbeda jauh dengan Mahathir. PPP turut mengungkit mengenai kekalahan dari Amien dalam Pilpres 2004 ketika berduet dengan Siswono Yudo Husodo tersebut.

NasDem besutan dari Surya Paloh ini menganggap bahwa manuver dari Amein tersebut hanya dagelan politik saja. Dengan kesiapannya menjadi capres, hal tersebut dapat dinilai NasDem membuat sebuah kondisi koalisi sebelah akan semakin runyam.

Johnny G Plate menyatakan jika itu semua hanya pernyataan lelucon. Karena itu akan menambah rumitnya dan akan menambah bingung berbagai situasu koalisi tersebut. Koalisi belum terbentuk maka akan membuat tambah rumitnya sebuah koalisi yang lainnya atau sebelah.

Golakar mendukung Amien untuk dapat maju menjadi capres daripada harus terus mengkritik pemerintahan dari Jokowi. PAN akan mendiakan Amien beruntung pada Pilpres 2019 mendatang.

Karena Amien Rais mempunyai sebuah kapasitas dan kemampuan yang tinggi dalam memimpun RI tersebut. Daripada harus berteriak mengkritik segala pemerintahan dari Jokowi.

PKB menurutnya, jika Amien akan maju dalam Pilpres makan akan turut meramaikan kontestasi lima tahunan tersebut. Namun PKB menyebut jika duet antara Jokowi dan Cak Imin tersebut akan tetap unggul.

PDIP mengungkapkan jika segala niat dari Amien tersebut maju sebagai capres dilindungi sebuah konstitusi. Nama Amien kemudian juga akan ikut diantisipasi PDIP jika benar akan maju dalam Pilpres dan akan berduet dengan Prabowo Subianto.

Hendrawan Supratikno mengatakan jika sangat bagus. Demokrasi tersebut akan semakin membuka banyak berbagai pilihan. Salah satunya yang sudah antisipasi dalam simulasi Pilpres mendatang yaitu paslon Prabowo dan Amien Rais.

Demokrat menyebutkan bahwa Amien akan maju, Pilpres tidak akan melulu mengenai rivalitas Jokowi dan Prabowo Subianto saja. Selain itu juga Demokrat akan mempertanyakan sebuah peluang Amien dalam maju ke Pilpres.

Ferdinand mengatakan jika dicermati dengan betul apakah Amien memiliki peluang untuk manju, hal tersebut yang akan menjadi sebuah pertanyaan. Jika kalau kesiapannya tersebut banyak orang yang siap. Namun berbagai syarat dalam presidential threshold tersebut akan sangat membebani dan berat, hal tersebut yang tidak mudah.

Viva mengatakan jika tidak ada yang ganjil di dalam sebuah penyataan dari Amien Rais tersebut. Apalagi, ia merasa masih mampu dan sehat untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa serta negara.

Menurutnya, banyak berbagai orang yang masih mengakui jika Amien merupakan seorang yang layak untuk dapat memimpin Indonesia. Bahkan banyak yang berharap agar terdapat perubahan, bisa jadi dalam sosok Amien Rais tersebut.

Saleh mengatakan bahwa ia sangat yakin, jika jujur berbagai orang yang mencibir pun mengakui jika Amien layak dan mampu untuk menjadi presiden Indonesia. Dan jika berharap bahwa adanya perubahan, maka jawabanya dapat jadi di tangan Amien Rais.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here