Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

0
139

Jakarta, namalonees.com- Hari-hari ini adalah hari menjelang akhir bulan Ramadhan. Menjelang akhir Ramadhan kita sudah bersiap-siap untuk mudik, untuk bertemu dengan sanak keluarga dan handaitolan. Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil, ini beberapa tip yang seharusnya diperhatikn agar aman dan nyaman di jalan.
Periksa performa kendaraan sebelum berangkat
Pastikan bahwa Anda sudah memeriksa kesiapan performa kendaraan untuk dibawa perjalanan jauh saat mudik nanti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Bawa perlengkapan perlengkapan otomotif
Bawalah ban cadangan, obeng, kunci, dan berbagai perlengkapan otomotif lain. Meskipun kondisi mobil Anda cukup prima untuk perjalanan jauh, tetapi membawa perlengkapan otomotif tersebut akan membantu Anda mengatasi hal yang tidak diinginkan terjadi.
Pastikan surat kelengkapan mobil
Pastikan bahwa surat kendaraan Anda lengkap dan berlaku.
Mencicil tidur sebelum berangkat
Sebelum berangkat pastikan bahwa tidur Anda cukup. Dengan demikian, waktu mengendarai mobil, Anda tidak mengantuk. Jadi, usahakan untuk mencicil tidur terlebih dahulu sebelum berangkat mudik supaya Anda tidak drop.
Gunakan baju yang nyaman
Gunakaan baju secara nyaman. Hal itu dapat membuat Anda menjadi nyaman mengendraai mobil. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat yang bisa membuat Anda tidk nyaman bergerak.
Bawa makanan dan minuman yang bisa tahan lama
Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama selama perjalanan. Siapa tahu mobil Anda terjebak kemacetan panjang sehingga Anda lapar dan haus yang menyebabkan Anda sulit membeli makanan dan minuman selama macet. Dengan membawa makanan sendiri, ini akan membantu Anda mengatsi masalah lapar dan haus selama di perjalanan.
Hindari merokok di dalam mobil
Hindari merokok di dalam mobil yang isinya keluarga Anda. Asap rokok dalam mobil membuaat tidak nyaman dan akan menggangu seluruh penumpang di dalam mobil.
Jangan berangkat waktu mepet lebaran
Jangan berangkat waktu mepet lebaran agar Anda bisa bepergian lebih santai. Dengan berangkat jauh-jauh hari, Anda bisa melakukan perjalanan secara santai dengan beberapa kali istirahat dan bahkan tidak perlu ngebut.
Berhenti saat merasa lelah
Setiap orang yang mudik pasti selalu ingin cepat sampai tujuan. Itu bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan saat Anda merasa lelah atau mengantuk. Hal tersebut sangat berbahaya yang bisa mengakibatkan hilang fokus dan bahkan kecelakaan. Makanya, sebagai pengemudi, usahakan untuk langsung melipir saat merasa mengantuk atau terlalu lelah. Tidur 15 hingga 30 menit pasti akan sangat berguna.

Penulis: Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here