NTT Berpotensi Alami Kekeringan Ekstrem

0
163

Jakarta, namalonews.com- 4 Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami musim kering yang ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan menyebut keempat kabupaten tersebut adalah Sumba Timur, Nagekeo, Lembata, dan Rote Ndao.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang-Apolinaris Geru menyebut hasil monitoring hari tanpa hujan akan terjadi berturut-turut seharian penuh pada Juni 2018. Ia menambahkan Provinsi NTT sebagain besar mengalami kriteria hari tanpa hujan dengan kategori pendek 6 hingga 10 hari.

“Namun, ada beberapa wilayah atau daerah yang sudah mengalami hari hujan tanpa hujan dengan kategori kekeringan ekstrem (lebih dari 60 hari),” ujar Geru di Kupang pada Selasa (12/6/2018).

Hasil analisis curah hujan dasarian 1 Juni 2018 kemarin menyebut sebagian besar wilayah NTT mengalami curah hujan dengan kategori rendah yakni 0 hingga 50 mm. Namun, beberapa daerah di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan sebagiannya lagi di Malaka akan mengalami curah hujan dengan kategori menengah yakni 51-150 mm.

terkait kemungkinan dasariah II pada Juni 2018, ia menambahkan peta prakiraan peluang curah hujan dasarian memperlihatkan pada umumnya wilayah atau daerah NTT mengalami curah hijan dengan intensitas rendah 0-20 mm.

“Sebagian besar wilayah Kabupaten Malaka, sebagian kecil Kabupaten Belu, dan Timor Tengah Utara, dan Manggarai diprakiraan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas 21-50 mm atau sebesar 30 hingga 70 persen,” ujarnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here