Inflasi Juni Diprediksi Tetap Terjaga

0
132

Jakarta, namalonews.com- Inflasi Juni 2018 diperkirakan akan berkisar di 0,22 hingga 0,25 persen month to month. Pemerintah, khususnya Kementerian Perekonomian menyebut perkiraan inflasi tersebut berdasarkan harga bahan pangan yang masih stabil.

“Harga-harga tetap oke, beras aman, daging juga aman. Paling ada sedikit naik, misalnya harga telur tapi telur kan pengaruhnya sedikit,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada Selasa (12/6/2018).

Darmin menambahkan kenaikan harga tiket pesawat harus diperhatikan secara serius. Sedangkan, harga tiket angkutan darat sangat susah untuk didorong naik.

“Kalau tiket pesawat naiknya bisa nambah satu rate ke mana, tiketnya berubah,” lanjutnya.

Berdasarkan perkiraan tersebut, Darmin menyebut bila harga transportasi darat tidak mengalami peningkatan. Tingkat inflasi sepanjang Juni 2018 akan tetap terjaga di kisaran 0,22 persen atau 0,25 persen month to month.

Awalnya, Bank Indonesia memprediksi inflasi sepanjang Juni ini mencapai 0,23 persen atau 2,75 persen year on year. Hal ini didasarkan pada adanya kemungkinan kenaikan harga bahan pokok selama Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Juni. Hari Raya tersebut juga akan berpengaruh pada perkembangan inflasi sepanjang Juni.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here