Telusuri Pilgub Jatim, dengan Pasangan Gus Ipul-Puti Unggul

0
71

Jakarta, namalonews.com- Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB) Malang melakukan sebuah survei yang merilis terkait dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Jawa Timur (Jatim) yakni Sebanyak 48,15 persen ibu rumah tangga yang menyatakan bahwa sudah mantap untuk memilih pasangan dari Khofifah-Emil, dan 44,44 persen memilih pasangan Saifullah Yusuf atau lebih akrab di sapa dengan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.
Sementara itu dari para peternak, petani, atau dari para nelayan ada sebanyak 51,71 persen yang memilih pasangan Gus Ipul-Puti, sedangkan 39,73 persen yang memilih pasangan Khofifah-Emil.
Puti yang juga ikut unggul untuk memilih dari berbagai kalangan, terutama yakni dari kalangan pengusaha dan wiraswasta, yakni sebanyak 47,83 persen. Sedangkan 42,03 persen yang memilih pasangan nomor urut 1 yakni Khofifah dan Emil.
Terkait pandangan pemilihan dari kalangan pelajar dan mahasiswa ini pun juga lebih memilih pasangan Gus Ipul-Puti yakni dengan yang selisih tipis, 42,41 persen dan 41,36 persen untuk pasangan Khofifah-Emil. Begitupun pu;la dengan kalangan PNS/BUMN yang terlihat bahwa pasangan Gus Ipul-Puti mengantongi sebanyak 49,57 persen, sedang pasangan Khofifah-Emil yakni di angka 41,03 persen.
Apabila dilihat dari beredarnya sebaran pemilih berdasarkan usia maka pasangan Khofifah-Emil ini lebih banyak dipilih generasi milinea yakni antara usia 17-20 tahun, dengan perhitungan sebesar 42,28 persen.
Sedangkan pemilih dari pasangan Gus Ipul-Puti ini tipis di bawahnya yakni sebanyak 41,46 persen. Akan tetapi dari Gus Ipul lebih unggul dan tebal untuk pemilih kisaran usia 36-55 tahun yakni sebesar 50,30 persen, apabila dibanding dengan lawannya yang hanya 38,55 persen.
Menurut Laboratorium Kebijakan Publik dan Perencanaan Pembangunan (LKP3) dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB) Malang, menyatakan bahwa nilai elektabilitas pasangan dari Gus Ipul-Puti unggul di atas pasangan Khofifah-Emil. Popularitas tersebut di lihat dari pasangan Gus Ipul-Puti yang berada di angka 97,62 persen, di atas pasangan Khofifah-Emil di angka 96,78 persen.
Survei yang dilakukan tersebut telah melibatkan 835 responden yang tersebar di beberapa kabupaten yakni 38 yang berada di Kota di Jawa Timur dengan margin of error 3,46 persen serta tingkat kepercayaannya yakni 96.45 persen.
Survei ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dalam rentang waktu yakni dari 23-30 April 2018. Penentuan sample dengan menggunakan metode multistage random sampling yang proporsional dan dari masing-masing Kabupaten dan Kota tersebut.
lain halnya dengan Bintang 9, yang menjadi seorang relawan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat di mana berlatarbelakang pesantren dan sudah siap untuk mengantarkan calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua ini yakni pasangan Saifullah Yusuf atau lebih akrab di sapa dengan Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno untuk bisa memenangkan Pilgub Jatim 2018 ini.
“Kami dibentuk oleh para perintah kiai. Kiai yang menugaskan kami untuk bisa siap dalam membantu pemenangan pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno, calon wakil gubernur),” ungkap Sonhajisebagai Ketua Tim Relawan Bintang 9 dalam sebuah acara temu relawan di Pondok Pesantren Al Falah, Lebak, Pasuruan, pada hari Minggu malam, 10 Juni 2018.
Dari situlah maka sudah tidak tanggung-tanggung lagi pihak Bintang 9 yang menargetkan pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti untuk bisa menang di seluruh TPS terutama di Kabupaten Pasuran.
“Ada lebih dari dua ribu TPS yang harus kami menangkan,” ujarnya Gus Son menegaskan, beliau lebih akrab dengan sapaan Sonhaji.
Untuk mengawal beberapa proses pemenangan ini nantinya teruta dari pihaknya harus bisa mengaku telah melakukan berbagai proses sosialisasi berbagai program Gus Ipul dan Mbak Puti. Dimana, dengan adanya program ini terangkum dalam sembilan agenda yang menjadi prioritas dari pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti.
“Kami mempunyai sebuah organisasi yang terstruktur yakni di berbagai tingkatan hingga pada tingkat desa. Sehingga, tidak sulit bagi kami untuk menyapa masyarakat yang akar rumput,” kata Gus Son ini menyatakan bahwa yang juga menjabat Wakil Ketua Pimpinan Cabang NU (PCNU) di Kabupaten Pasuruan.
Sedangkan dari pihak Gus Ipul sendiri yang juga ikut hadir dalam agenda untuk mengarahan relawan ini pun demikian. mereka merasa semakin optimistis untuk menang serta bisa meraih hasil positif teruta di Kabupaten Pasuruan.
“Kami akan semakin optimistis untuk bisa meraih hasil yang maksimal dengan massivenya dari dukungan masyarakat terutama dari berbagai elemen masyarakat ini. Termasuk di di Pasuruan,” katanya menegaskan dari keponakkan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.
Melalui beberapa agenda utamanya yakni ada Sembilan Program Prioritas yang digagas bersama dengan Mbak Puti, beliau memiliki keyainan yang kuat dan optimistis untuk bisa semakin mendapat antusias dari masyarakat. Hal ini pun karena di dukung dari beberapa hal yang diantaranya dari hasil survei yang dilakukan oleh berbagai pihak yang ikut mendukungnya.
“Kami sudah siap dan menyusun program prioritas berdasar untuk aspirasi dan keinginan masyarakat. Sehingga, dari adanya program kami tersebut memang menjawab dan sekaligus memberikan solusi bagi masyarakat sekitar,” kata Gus Ipul, menerangkan.
antusias dari calon gebernur ini terlihat sangat jelas di mata masyarakat, dari adanya ratusan pendukung calon Wakil Gubernur di Jawa Timur nomor pasangan nomor urut dua Puti Guntur Soekarno, beserta seluruh pengurus DPC PDIP di Kota Surabaya dan DPD PDIP di Jawa Timur memadati Jalan Pandean yang merupakan rumah kelahiran dari Bung Karno sang proklamator.
Hal ini sempat di wawancarai dari Fokus Indosiar, pada hari Rabu (6 / 6 / 2018) bahwa sedikitnya ada 117 tumpeng yang melambangkan kelahiran Bung Karno yakni pada 1901 dan sampai sekarang berjajar di sepanjang Jalan Pandean. Hal ini untuk menyambuti cucu sang proklamator ini. Puti pun berbuka bersama dengan sekitar ribuan kader PDIP di Kota surabaya.
Kehadiran Puti Guntur Soekarno ini membuat antusias warga semakin besar untuk memilihnya bahkan disambut gembira oleh para pendukungnya. Puti Cawagub yang mendampingi Saifullah Yusuf atau gus ipul ini berharap melalui peringatan kelahiran Bung Karno ini dapat menjadikan sebuah momentum untuk meluruskan sejarah terkait dengan tempat kelahiran Bung Karno yang sebenarnya di Surabaya dan bukan di Blitar seperti anggapan kebanyakan orang pada umumnya.
Sementara itu, dalam adaya kesempatan lain maka Puti pun ikut berbaur dengan rakyat untuk melakukan sahur bersama dengan warga Ngawi. Hal ini pun diiringi dengan tabuhan tektur, maka cucu Bung Karno ini pun ikut sahur bersama dengan warga di halaman Masjid Desa Beran. Puti pun berharap bahwa dirinya bisa mendapatkan hati warga setempat sehingga dalam Pilkada nanti bisa menang, yakni tidak lain bersama Gus Ipul bisa untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here