Komjen Pol M Iriawan Dilantik Sebagai Penjabat Gubernur Jabar

0
353
Foto : Humas Kemendagri

Jakarta, namalonews.com – “Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang (UU) dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa.”

Demikian ucap Komjen Pol M Iriawan saat mengucap sumpah jabatan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, di Gedung Merdeka, Senin (18/6/2018). Proses pelantikan yang dimulai sekitar pukul 10.15 wib tersebut dipimpin langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Tjahjo mengambil sumpah jabatan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2013-2018 dan pengangkatan Pj Gubernur Jabar.

Setelah dilakukan pengambilan sumpah Jenderal bintang tiga tersebut, proses pelantikan pun dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan fakta integritas. Setelah itu ditutup dengan penyematan tanda pangkat.

Sejumlah tamu undangan tampak hadir, mulai dari mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan istri Netty Heryawan, Pjs Wali Kota Bandung M Solihin, pejabat eselon II di Lingkungan Pemprov Jabar, dan sesepuh Jabar Solihin GP. Juga beberapa anggota DPD dan DPR RI dapil Jabar, serta anggota DPRD Jabar.

Sebelumnya, nama Iriawan pernah disebut-sebut calon untuk mengisi kursi Gubernur Jawa Barat yang kosong menjelang Pilgub Jabar 2018. Usulan tersebut sudah muncul sejak Januari 2018.

Kekosongan ini terjadi setelah Ahmad Heryawan memasuki masa purnatugasnya sebagai gubernur 13 Juni 2018 lalu. Aher mengakhiri jabatannya setelah menduduki posisi Gubernur Jawa Barat selama dua periode, atau 10 tahun sejak 2008.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here