Sandiaga Bentuk Tim Khusus Pencari Buaya

0
216

Jakarta, namalonews.com- Terkait penemuan seekor buaya yang muncul di Dermaga Sunda Kelapa, Pondok Dayung, Jakarta Utara, tepatnya di perairan Ancol, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan membentuk tim khusus untuk menangani buaya yang muncul di teluk Jakarta.

“Saya perintahkan ke Pak Bupati sebagai kepala apel, dan juga BPBD, Damkar, dan juga Dinas KPKP untuk memastikan ada tim khusus yang dibentuk untuk melacak di mana keberadaan buaya tersebut, bekerja sama dengan teman-teman dari Koarmabar, Komando Armada Barat,” kata Sandiaga di Jakarta Timur, Senin (18/6/2018).

Pencarian tersebut, kata Sandiaga, dilakukan tidak untuk memburu buaya. Ia ingin menuruti permintaan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar agar menangkap buaya dalam keadaan hidup-hidup.

Sandiaga ingin mencari lebih jauh lagi tentang asal-usul buaya yang biasa bermuara di teluk Jakarta. Pemprov DKI juga akan menggandeng komunitas dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Kami ingin libatkan para ahli untuk memastikan bahwa apa fenomena yang menyebabkan buaya tersebut bisa berenang-renang bukan di luar habitatnya. Apakah ada perubahan iklim, perubahan rantai makanannya, dan juga apakah ada gangguan di tempat berkembang biaknya,” ujar Sandiaga.

Buaya yang ditemukan tersebut sebelumnya lebih dahulu dilumpuhkan dengan ditembak oleh petugas TNI AL. Hewan itu lalu tenggelam dan menghilang entah kemana. Dikhawatirkan bergerak ke Pantai Ancol, tempat banyak orang berwisata menyambut libur Lebaran.

Pemprov DKI Jakarta hingga Direktorat Polisi Air Baharkam Polri, saat ini masih mencari keberadaan buaya yang sempat ditembak tersebut.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here