Amien Rais Maju Jadi Capres, Sohibul Sebut Umur Bukan Faktor Utama

0
212

Jakarta, namalonews.com- Presiden PKS yaitu Sohibul Iman akan menanggapi santai mengenai keinginan Ketua Dewan Kehormatan PAN yang bernama Amien Rais maju menjadi capres dalam Pilpres 2019 mendatang.

Mengenai usia dari Amien Rais tersebut yang sudah cukup tua, Sohibul mengatakan jika hal tersebut bukanlah sebuah faktor yang utama bagi seseorang layak untuk menjadi capres atau tidaknya. Yang paling utama yaitu sebuah integritas, kapabilitas serta akseptabilitas.

Sohibul menuturkan jika di dalam kapabilitas terdapat beberapa fator kesehatan jasmani serta rohani yang mana keduanya tersebut akan tergantung pada usia. Jika usia tua namun prima, memang tidak masalah. Walaupun tentu yang akan lebih muda namun matang akan lebih memberi jamiman prima serta akan lebih disukai.

Sohibul telah mengaku bahwa mengapresiasi keinginan dari Amien Rais untuk maju menjadi calon presiden. Sebab, akan semakin bayak pilihan dalam Pilpres akan juga semakin baik.

PKS sendiri akan konsisten untuk menyodorkan sembilan nama untuk diusung dalam capres atau cawapres pada Pilpres 2019 mendatang yaitu Ahmad Heryawan, Anis Matta, Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Salim Segaf, Sohibul Iman, dan masih banyak lagi.

Ia mengungkapkan bahwa menurutnya sangat bagus, akan semakin banyak calon maka juga bagus bagi para rakyat. Tidak ada sebuah masalah, ia akan dihormati hak siapapun untuk mencalonkan diri. PKS saja memiliki 9 capres serta cawapres.

Sohibul sama sekali tidak mempersoalkan mengenai rencana Amien Rais menjadi salah satu capres 2019 mendatang. PKS juga akan menilai bahwa usia tersebut tidak menjadi sebuah penghalang bagi para kandidat tertentu untuk maju ke dalam pentas politik tersebut.

Karenanya, Sohibul Iman mengaku jika tidak kaget mendengar berbagai kabar mengenai mantan Ketua MPR tersebut akan maju untuk menjadi capres 2019 mendatang. Menurut Sohibul hal tersebut merupakan sebuah peristiwa yang biasa di dalam sebuah politik. Apalagi hingga saat ini partainya tersebut masih tetap mengajukan kadernya untuk menjadi capres atau cawapres yang akan diputuskan oleh Majelis Syura PKS tersebut.

Menurut Sohibul Iman bahwa ia merasa keputusan Amien tersebut sangat bagus. Sohibul juga memiliki pandangan bahwa usia bukanlah sebuah faktor yang utama bagi seseorang untuk menjadi capres. Karena, meski pun sudah berumur namun akan tetapi masih mempunyai fisik yang sangat kuat tentu boleh maju menjadi capres.

Sebelumnya Ketum PBB yang bernama Yusril Ihza Mahendra tidak ingin terlibat dalam sebuah manuver politik Amien Rais yang terkait dengan Pilpres 2019 mendatang. Ia mengaku jika mempunyai sebuah pengalaman yang pahit bersama dengan Amien Rais.

Dia juga menuturkan bahwa sebagai pemimpin PBB juga harus menahkodai partainya tersebut ke arah yang akan lebih benar agar semuanya selamat. Maka juga harus belajar dari beberapa pengalaman sebelumnya untuk melangkah ke depan dalam upaya membesarkan PBB tersebut.

Yusril mengatakan jika pengalaman merupakan guru yang paling bijak. Pada tahun 1999 dalam sebuah pertemuannya di kediaman Fuad Bawazier, Amien telah meyakinkan jika mereka semua untuk mencalonkan Gus Dur, ia dan MS Kaban telah menolaknya. Mereka tidak ingin jka mempermainkan orang untuk sebuah agenda yang tersembunyi.

Wakil Ketum DPP PAN Viva yang bernama Yoga Mauldi menegaskan jika partainya tersebut akan serius untuk mencalonkan Amien Rais sebagai capres dalam Pilpres 2019 mendatang. Menurutnya, Amien adalah seorang figur yang layak untuk menduduki posisi tersebut.

Ia mengatakan jika PAN akan serius untuk mencalonkan Amien Rais sebagai Running For President 2019 dan ia mempunyai sebuah alasan yang sangat kuat untuk pencalonan tersebut.

Dia menilai jika Amien Rais mempunyai sebuah integritas menjadi seorang pemimpin nasional, cinta terhadap NKRI dan rakyatnya. Menurutnya, Amien juga mempunyai sebuah konsel dan kapasitas yang kepemimpinannya dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia untuk menuju ke sebuah cita-cita nasional yang sesuai berdirinya NKRI.

Yoga juga mengatakan jika Amien Rais tersebut masih mempunyai fisik yang kuat serta stamina yang prima dalam menjalankan aktivitas sesuai dengan tuntutan kerjanya tersebut. Usia tidak menghalangi berbagai hal dalam menjalankan segala tugas pokok suatu pekerjaan.

Selain Amien, PAN juga telah mengusulkan bahwa Zulkifli Hasan yang merupakan Ketum PAN, Sutrisno Bachir dan Hatta Radjasa untuk menjadi capres 2019 mendatang. Para nama tersebut akan difinalisasi sebagai putusan dari partai mengenai beberapa pasangan capres-cawapres. Keputusan tersebut kemudian akan diambil dalam sebuah penyelenggaraan Rakernas PAN setelah Pilkada 2018 tersebut.

Sebelumnya, Amien Rais juga telah mengisyaratkan maju untuk menjadi capres 2019 mendatang. Hal tersebut telah disampaikan Amien Rais setelah buka puasa di rumah dinas dari Zulkifli Hasan.

Niat dari Amien Rais menjadi capres 2019 mendatang telah dinilai bahwa merupakan sebuah langkah yang positif. Amien juga dinilai mempunyai kemampuan serta kapasitas yang cukup.

Fahri Hamzah mengatakan bahwa ia mengira langkah trobosan Amien tersebut merupakan hal positif untuk ke depannya.

Dia mengatakan jika Amien juga merupakan salah satu putra bangsa yang terbaik yang mengawali transisi dari sebuah peralihan razim otoriter terhadap rezim demokrasi saat ini. Dalam masa reformasi yang telah berkelanjutan selama kurang lebih 20-30 tahun, Amien selalu konsisten dalam menjada dan tahu berbagai kapasitas mesin demokrasi yang telah dimiliki sangat luat biasa namun pemimpinnya tidak dapat memadai.

Fahri menjelaskan dari sebuah perspektif tersebut dapat dimengerti mengapa Amien akan didorong untuk dapat mencalonkan kembali dan dirinya menilai bahwa sesuatu yang wajar selama menurut UU tresebut di bolehkan.

Menurut Fahri di dalam sebuah pembahasan RUU Pemilu beberapa waktu yang lali, terdapat beberapa usulan mengenai ambang batas untuk mencalonkan sebagai capres dan cawapres sebesar 0 persen dalam sebuah rangka untuk mencari seorang figur pemimpin legislatif.

Ia mengatakan jika mereka mengusulkan agar ambang batas dalam mencalonkan capres-cawapes nol persen tersebut, sebenarkan merupakan dalam ragka tersebut. Namun kemudian dikerucutkan bahwa akan menjadi 20 persen yang dapat menyebabkan mereka mempunyai sedikit calon pemimpin.

Ketua DPP PDIP yang bernama Hendrawan Supratikno tersebut menilai bahwa Amien Rais menjadi sosok yang mempunyai jam terbang yang panjang. Amien Rais juga memiliki jam terbang panjang serta popularitasnya sangat bagus.

Dia memiliki pandangan bahwa, usia tidak perlu untuk dipermasalahkan. Yang terpenting yaitu tokoh yang maju dalam pilpres mempunyai sebuah modal kepercayaan dari para rakyatnya. Rakyat percaya bahwa figur yang akan menjalankan apa yang akan dikatakannya. Jadi sejauh ini rakyat akan memberikan sebuah kepercayaan maka tidak ada masalah.

Meskipun sudah berumur, Amien telah menyakini bahwa dirinya dapat menjadi capres. Dia juga membandingkan dengan Mahathir Mohammad bahwa usia tidak akan menghalangi hal tersebut.

Amien mengatakan juka Mbah Amien tersebut, walaupun sudah tua tidak menjadi masalah. Begitupun juga mahathir. Jadi, ia saat ini menjadi remaja lagi.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here