Arus Lalu Lintas Diprediksi Padat Di Tol Tangerang-Merak Saat Puncak Arus Balik

0
132

Jakarta, namalonews.com- Arus Lalu lintas di Tol Tangerang-Merak diperkirakan akan padat saat puncak arus balik libur lebaran idul fitri 2018. Hal ini didorong dengan terjadinya peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi jalur tersebut dengan tujuan wisata Pantai Anyer dan Carita.

Marga Mandalasakti mencatat 51 ribu unit kendaraan melintasi tol Tangerang-Merak dengan tujuan wisata Pantai Anyer dan Carita. Jumlah ini diyakini akan menambah kepadatan arus lalu lintas saat puncak arus balik lebaran.

Selain itu, PT Marga Mandalasakti juga menyebut dari data yang ada tercatat 51 ribu unit kendaraan berasal dari kawasan Pantai Anyer dan Carita di Banten.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti-Indah Permanasari menyatakan dari data dan pengamatan di lapangan-puncak arus balik dan libur lebaran di Tol Tangerang-Merak akan terjadi pada Sabtu hingga Minggu (23-24/6/2018) mendatang.

“Diperkirakan puncak arus balik libur lebaran tahun ini terjadi pada Sabtu dan Minggu pekan ini. Kami prediksi bahwa puncak arus balik yang terjadi akan diikuti dengan penyeberangan di Pelabuhan Merak yang ramai malam nanti,” ujar Indah pada Rabu (20/6/2018).

Ia menambahkan rata-rata kendaraan yang bakal kembali menggunakan tol Tangerang-Meraka adalah para pemudik asal Pulau Sumatera. Sebagian besar pemudik dari pulau tersebut menggunakan kendaraan pribadi, khususnya yang roda empat. Ditambah lagi arus wisata dari wilayah Anyer-Carita-Tanjung Lesung akan mempersempit arus lalu lintas di jalur tersebtu.

Untuk mengantisipasi sekaligus mencegah hal tersebut, Indah menyebut pihaknya mengaku akan memaksimalkan operasional 89 gardu reguler yang terdapat di 10 Gerbang Tol.

“Gardu tersebut terdiri dari 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem, dengan komposisi Gardu Tol Otomatasi sejumlah 23 gardu-12 di antaranya gardu Entrance, 9 gardu Exit, dan 2 lainnya gardu Ramp,” ujarnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here