50 Persen Pemudik Telah Kembali Ke Kota

0
194

Jakarta, namalonews.com- Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menyebut 50 persen pemudik telah kembali ke kota-kota besar terutaman Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Hal ini terjadi seiring cuti bersama lebaran 2018 yang telah ditetapkan oleh pemerintah sudah berakhir. Dengan demikian, warga yang mudik pun perlahan-lahan kembali ke kediaman masing-masing. Wakalpori pun memperkirakan 50 persen warga telak kembali ke kota-kota besar.

“Diperkirakan separuhnya itu terjadi pada Rabu malam, 20 Juni 2018,” ujarnya di terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ia menambahkan “separuhnya lagi akan datang pada Sabtu dan Minggu mendatang.”

Ia menjelaskan bahwa tren mudik tahun ini berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, disebutkannya, tidak akan ada puncak arus mudik yang benar-benar signifikan besar.

“Jadi peak season-nya akan terbagi menjado 3 gelombang. 50 persennya itu telah terjadi pada H+3 Lebaran sampai Rabu (20/6/2018) diperkirakan mencapai 30 persen pemudik, sisanya akan terjadi lagi pada Sabtu dan dan Minggu,” ujarnya.

Dengan arus balik seperti itu, Wakapolri memprediksi semuanya akan berjalan lancar dan kondusif secara umum. Keadaan ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Secara fasilitas yang diperoleh pun, tahun ini dirasa lebih baik pula dan unggul.

Meski demikian, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia itu menyebut anggotanya maupun stake holder yang berada di Bandara Soekarno-Hatta tidak boleh lengah dalam mengawal dan memantau arus balik mudik lebaran ini. Sebab, arus balik ini belum berakhir.

“Jangan lengah, semua harus tetap siaga demi menjamin keamanan dan keselamatan saat arub balik lebaran. Sebelumnya memang harus diakui bahwa arus mudiknya sudah sangat baik, namun arus baliknya belum berakhir. Jadi, harus tetap dijaga dan dikawal dengan baik,” ujarnya.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here