Buaya Muncul Juga di Kawasan Banjir Kanal Timur Cilincing

0
345

Jakarta, namalonews.com- Setelah dikejutkan dengan penampakkan buaya di kawasan Pondok Dayung, Tanjung Priok, masyarakat kini dikagetkan lagi dengan kemunculan hewan buas tersebut di kawasan Banjir Kanal Timur, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (15/6) lalu.

Masyarakat dikagetkan dengan kemunculan hewan buaya pada Selasa, (19/6/2018) pukul 12.00 wib dari arah Kampung Kepu dekat laut lepas. Mereka mengejar-ngejar hewan buas sambil membawa senapan ikan.

Beberapa warga terus saja mengejar dan berusaha menangkap buaya yang mengarah ke pintu air. Mereka bahkan sempat bersembunyi dan mengintai dari semak-semak pinggir kali Kanal Banjir Timur. Berdasarkan penglihatan masyarakat, buaya tersebut berukuran cukup besar yaitu sekitar 3 meter dan jumlahnya lebih dari satu ekor.

Warga sempat melihat buaya muncul beberapa kali ke permukaan. Hingga pukul 22.00 wib, mereka terus saja mencari karena khawatir hewan itu menampakkan dirinya lagi.

Menurut informasi dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan  (Gulkarmat), Rabu (20/6/2018), menyebutkan kalau hewan liar ini lebih sering keluar pada malam hari. Namun ketika disusuri seputar Banjir kanal Timur (BKT), hewan ini belum juga ditemukan.

Dinas Gulkarmat kini sudah siaga dan mempersiapkan 10 personel untuk berjaga-jaga jika buaya tersebut tiba-tiba muncul. Ada kemungkinan buaya itu sama dengan buaya yang muncul di Pondok Dayung. Jenisnya adalah buaya muara.

Buaya jenis ini merupakan buaya yang paling baik dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Hewan ini bisa hidup di air payau dan air asin. Selain itu hewan melata bisa hidup tanpa makan sampai berbulan-bulan dan hanya mengandalkan lemak di ekornya.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here