Menhub Sosialisasikan Asian Games 2018

0
155

Jakarta,namalonews.com- Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan Asian Games 2018 pada sela kunjungannya ke Stasiun Tawang, Semarang. Segera setelah sampai di Stasiun Tawang, Menhub Budi Karya menuju ruang tunggu penumpang sambil membawa balon dan bola plastik. Ia membagikan balon dan bola plastik tersebut untuk anak-anak yang ada di Stasiun Tawang sembari mengajak mereka untuk berbincang-bincang.
“Kamu tahu Asian Games ga?”, tanya Menhub Budi Karya pada seorang bocah laki-laki yang tengah bermaun di ruang tunggu sambil memberikan balon yang dibawanya, pada hari Selasa, 12 Juni 2018 kemarin.
Ketika dihampiri dan ditanyai oleh Menhub Budi Karya, anak itu pun tersipu malu dan dengan lirih menjawab bahwa dirinya tidak tahu apa itu Asian Games. Menhub Budi kemudian melanjutkan langkahnya ke anak perempuan yang ada di sebelahnya terkait dengan Asian Games. Anak perempuan tersebut menjawab bahwa dirinya sedikit mengetahui tentang Asian Games. Mendengar hal ini, Menhub Budi Karya kemudian melanjutkan ke pertanyaan kedua. Ia menanyakan, mana negara yang paling kuat di Asia menurut anak perempuan tersebut. Anak itu pun kemudian menjawab Indonesia. Menhub Budi Karsa pun mengamininya.
“Indonesia yaa. Insyaallah nanti menang yah,” jawab Menhub Budi Karya yang mengamini jawaban anak perempuan.
Diharapkan pada perhelatan kompetisi olahraga terbesar di Asia ini, Indonesia dapat mendominasi seluruh cabang kejuaraan, di mana Indonesia kali ini menjadi peserta sekaligus tuan rumah Asian Games tahun 2018. Terlebih lagi Indonesia merupakan tuan rumah, sehingga harus bisa menunjukkan kesiapannya menghadapi ajang olahraga se- Asia ini jika dibandingkan dengan negara- negara Asia lainnya.
Dalam melakukan kunjungannya di Stasiun Tawang, Menhub Budi Karya juga membagikan sejumlah bingkisan lebaran kepada beberapa petugas yang ada di stasiun tersebut. Pemberian bingkisan ini sebagai perwujudan ucapan rasa terimakasih dan penyemangat kepada para petugas dalam melaksanakan tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya para pemudik penumpang kereta api di Stasiun Tawang. Mengingat, banyak masyarakat yang mudik dengan memanfaatkan fasilitas kereta api.
Di samping itu, Menhub Budi Karya mengatakan bahwa arus lalu lintas mudik pada 3 hari sebelum lebaran (H-3) relatif lancar. Hal ini sesuai dengan hasil pantauan lalu lintas yang dilakukannya melalui udara yang dilakukan di Cipali, Cirebon, Pekalongan, sampai ke Semarang. Menhub Budi Karya sempat melakukan pemantauan kepadatan lalu lintas dengan menaiki helikopter.
“Ya, kalau untuk jalan tol, evaluasinya cukup memenuhi pelayanan masyarakat, terbukti tadi kami pantau lewat helikopter, tidak ada kemacetan, kalau pun ada kemacetan, paling ya hanya satu kilometer,” terang Menhub Budi Karya.
Masyarakat Belum Banyak Tahu Mengenai Asian Games 2018, Sosialisasi Digencarkan
Ajang Asian Games tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Palembang hanya tinggal sekitar tiga bulan lagi. Walaupun dmeikian, masih banyak warga yang belum mengetahui event olahraga terbesar di Asia ini. Masyarakat yang belum banyak mengetahui mengenai ajang olahraga terbesar di Asia ini terutama adalah para warga yang ada di pelosok desa. Karena hal ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kemudian segera menggencarkan sosialisasi mengenai Asian Games kepada masyarakat. Berbagai langkah telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi untuk menyosialisasikan event yang akan dilaksanakan di Palembang dan Jakarta tersebut.
“Masyarakat perlu tahu itu, kalau tidak, lantas bagaimama akan jadi tuan rumah,” kata Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Gubernur Alex juga menjelaskan bahwa pihak Pemerintah Provinsi telah melakukan kunjungan kepada beberapa kabupaten seperti Baturaja, Kota Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, Pagaralam, dan Oku Timur.
“Artinya, semuanya diundang untuk hadir dalam acara sosialisasi, terutama yang tinggal jauh di pelosok desa,” kata Gubernur Alex.
Pada kesempatan yang sama, Gubernur Alex juga menjelaskan mengenai kesiapan venue serta manfaat secara langsung maupun tidak langsung dari Asian Games bagi masyarakat yang tinggal jauh di pelosok desa. Gubernur Alex mengatakan bahwa dirinya ingin seluruh bagian masyarakat dapat merasakan dan mendapatkan manfaat digelarnya Asian Games di Indonesia. Seperti yang diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang Asian Games tahun 2018, sehingga tentunya akan banyak pendatang dari berbagai negara yang datang mengunjungi Indonesia, baik untuk mengikuti perlombaan maupun untuk memeberikan dukungan kepada para atlet dari negara asalnya yang mengikuti perlombaan pada cabang tertentu di Asian Games 2018.
“Kami ingin, seluruh masyarakat dapat manfaat dari Asian Games,” kata Gubernur Alex.
Gubernur Alex menjelaskan bahwa Asian Games merupakan kompetisi olahraga bagi negara-negara se- Asia, dimana dalam ajang kompetisi olahraga tersebut terdapat 45 negara yang berkompetisi. Ia menambahkan, Asian Games itu bukanlah tujuan utama, melainkan alat guna mencapai tujuan. Berbagai perbaikan sarana dan pra sarana dilakukan untuk mendukung perhelatan kompetisi olahraga se- Asia tersebut.
Mendagri: Presiden Intruksikan Semua Ikut Sosialisasikan Asian Games
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memberikan intruksi kepada seluruh wilayah di Indonesia untuk ikut serta menggencarkan sosialisasi mengenai Asian Games. Mendagri Tjahjo mengatakan bahwa perhelatan kompetisi olahraga terbesar di Asia yang akan di gelar di Palembang mulai pada bulan Agustus mendatang sangat membutuhkan dukungan dari segenap masyarakat Indonesia untuk menyosialisasikannya. Walaupun dilaksanakan di Palembang dan Jakarta saja, namun seluruh masyarakat harus mendukung acara tersebut dengan melakukan sosialisasi.
Thahjo Kumolo juga menyampaikan bahwa dengan adanya pelaksanaan Asian Games di Indonesia, akan mengangkat nama baik negara di mata dunia dan tentunya dapat menjadi presetasi besar. Ia mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah memberikan intruksi kepada semua wilayah dapat berperan dalam menyosialisasikan Asian Games.
“Pak Presiden, Jokowi, telah mengintruksikan untuk semua wilayah agar berperan melakukan sosialisasi Asian Games. Bukan hanya untuk Palembang dan Jakarta, tapi daerah lain juga harus. Ini adalah prestasi negara kita, jadi semuanya harus ikut mendukung,” kata Mendagri Thahjo.
Potensi dari Ajang Asian Games 2018
Dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pagelaran ajang olahraga terbesar di Asia tahun 2018, Asian Games, dapat dipastikan bahwa Indonesia akan menjadi pusat perhatian dan menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. Indonesia pasti akan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang memang menjadi peserta maupun hanya menjadi supporter bagi tim atlet yang mengikuti Asian Games 2018 dari negara asalnya.
Oleh karena itu, sebenarnya hal ini bisa menjadi peluang yang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, maka masyarakat berpeluang memasarkan produk-produk lokal maupun jasa-jasa yang dapat menarik para wisatawan mancanegara tersebut.
Selain itu, penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia ini seharusnya juga dapat dimanfaatkan untuk memamerkan keindahan pariwisata di Indonesia. Tempat-tempat pariwisata harus bisa membenahi sarana dan prasarana, sehingga para wisatawan dapat menikmati tempat pariwisata. Apabila para wisatawan dapat merasa senang dan nyaman dengan pariwisata Indonesia, maka hal ini akan meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia. Dan akhirnya dapat lebih banyak wisatawan yang mengunjungi Indonesia dari berbagai penjuru dunia.

Penulis: Sulis Sutrisna/ Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here