Karena Tes Psikologi, Biaya Pembuatan SIM Naik Rp35.000

0
154

Jakarta, namalonews.com- Bagi Anda yang ingin membuat SIM baru atau memperpanjang SIM yang sudah habis masa berlakunya, siap-siap saja merogoh kocek lebih dalam. Hal ini disebabkan karena adanya persayaratan baru tes psikologi yang akan diberlakukan dan memerlukan biaya.

Informasi yang beredar menyebutkan biaya tes psikologi sebesar Rp35.000 per orang. Sementara soal-soal psikologi dibuat atas kerjasama Satpas SIM dengan lembaga psikologi.

Tes psikologi tersebut memiliki dua kriteria antara pemohon baru dan perpanjang. Bila pemohon baru maka tes psokologinya ada 24 soal, sedangkan bagi yang ingin perpanjangan hanya 18 soal.

Soal untuk pemohon baru dibuat lebih banyak karena perlu kedalaman tes. Soalnya akan lebih sulit dari perpanjangan karena yang baru belum pernah memiliki SIM sebelumnya.

Lokasi untuk tes psikologi untuk membuat dan memperpanjang SIM tak hanya dilakukan di Satpas SIM Jakarta saja, tapi bisa juga di Polres-Polres di wilayah Polda Metro Jaya.

“Bisa dilakukan di Satpas, SIM Keliling, dan Gerai SIM. Jadi, banyak sekali yang disiapkan,” ucap Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jakarta, Kompol Fahri Siregar kepada wartawan, Kamis (21/6/2018).

“Hasil tes psikologi tersebut kemudian dibawa oleh pemohon SIM bersama dengan tes kesehatan untuk dilampirkan dalam persyaratan pengajuan,” ujar Fahri.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here