Konsumsi Gas Elpiji Naik 11 Persen

0
67

Jakarta, namalonews.com- Menjelang libur lebaran 2018 berakhir, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebut penggunaan gas elpiji pada hari-hari terakhir libur melonjak drastis. Bahkan, posko nasional Kementerian ESDM mencatat penyaluran LPG dari depot ke stasiun pengisian bulk elpiji meningkat 11 persen dari rata-rata penyaluran normal.

Meski terjadi peningkatan konsumsi, Pemerintah tetap memastikan stok atau persediaan gas elpiji tetal stabil dengan cakupan pasokan dalam 21 hari ke depannya.

Selain itu, Kementerian ESDM juga menyebut distribusi bahan bakar minyak jenis gasoline juga mengalami pembengkakan sejak 31 Mei hingga 20 Juni 2018.

Bahan bakar minyak jenis Premium mengalami peningkatan 23,9 persen. Pertalite meningkat 9,2 persen, sedangkan Pertamax melonjak 19 persen. Tapi, ada juga gasoline yang mengalami penurunan konsumsi selama menjelang libur lebaran berakhir. Di antaranya pertamax Turbo dan avtur turun sebesar 0,8 dan 3,2 persen.

Sementara itu, BBM jenis gasolil seperti solar mengalami penurunan konsumsi yang tercatat 8,7 persen. Sedangkan, pertamina Dex turun sebesar 0,7 persen, Dexalite juga turun 6,8 persen dan kerosene turun 19,8 persen.

Meski terjadi penurunan demikian, Kementerian ESDM tetap menjamin pasokan BBM masih tetap aman dan terkendali dengan 21-49 hari. Pembagiannya adalah Premium dipasok dalam 21 hari, solar atau akkra92 adalah 22 hari, dan juga Pertamax Turbo selama 39 hari, Pertamina Dex 49 hari, Dexlite 29 hari dan  avtur 28 hari.

Selain itu, penyediaan ketenagalistrikan secara nasional disebut masih terkendali dengan daya pasik listrik nasional mencapai 31 ribu MW dengan beban punvak terjadi pada malam hari sebesar 27 ribu MW.

Sedangkan, sistem Jayapura mengalami gangguan yang tidak membuat suplay juga terganggu karena masih ada cadangan daya sekitar 11 persen. PLN telah melakukan berbagai upaya perbaikan CB dan melakukan manuver beberapa pembangkit sesuai keperluan dan diharapkan data kembali normal.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here