Arapaima Gigas Ancam Ikan Air Sungai Berantas

0
637

Jakarta, namalonews.com- Hingga saat ini sudah lebih dari 7 ekor ikan Arapaima gigas ditangkap dari Sungai Brantas, Jawa Timur. Ikan predator tersebut dikhawatirkan akan melibas kehidupan ikan jenis lainnya. Hewan air berwarna hitam itu berukuran sangat besar dan merupakan jenis ikan yang dapat memakan ikan lain di habitat sungai tersebut.

Ikan yang berhabitat asli benua Amerika khususnya di Amerika Selatan itu pertama kali ditemukan pada Minggu (24/6) lalu. Warga pun langsung heboh karena ukuran ikan sangat besar yakni sekitar 1,5 meter. Beratnya mencapai hingga 40 kilogram.

Untuk hari ini saja tim BKSDA Jawa Timur dan Non-governmental Organization Ecological Observation and Wetland Conservation (NGO Ecoton) telah menemukan lebih dari tiga ekor ikan. Saat ini sekitar lebih dari 7 ekor yang sudah ditemukan.

Ikan jenis predator tersebut diduga dilepas oleh salah seorang yang telah memelihara. Hal itu terlihat dari postingan yang beredar di media sosial. Namun setelah ditelusuri postingan telah dihapus oleh akun tersebut.

Ikan Arapaima gigas ini secara ekologis jenis ikan predator dan dikhawatirkan akan mengancam jenis ikan asli Indonesia, khususnya yang ada di Sungai Berantas. Dan ini akan mengurangi pendapatan penduduk yang sehari-harinya mencari penghasilannya dari sungai.

Ikan  Arapaima Gigas tersebut memang aman untuk dikonsumsi masyarakat sebagaimana seperti di negara asalnya. Namun keberadaannya di sungai-sungai bisa menjadi ancaman bagi ikan lain di sekitarnya.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here