Sri Sultan Hamengku Buwono X Melarang Proyek Jalan Tol Lewati Prambanan

0
237

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah berencana akan mengerjakan proyek Jalan Tol Solo – Yogya sebagai bagian dari rencana pengembangan kawasan Joglosemar (Jogyakarta, Solo, Semarang). Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X sendiri tak keberatan dilakukan pembangunan jalan tol di DIY tersebut.

Namun Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, khusus di daerah Prambanan tak boleh dilewati proyek jalan tol. Hal itu ditegaskannya saat menghadiri Syawalan bersama di Kompleks Parasamya, Bantul Senin (25/6).

“Jadi Solo – Jogja akan ada jalan tol, kami keberatan ketika rencana pembangunan jalan tol itu akan melewati daerah Prambanan. Banyak situs di sana yang belum terverifikasi, teridentifikasi dan diteliti,” kata Sultan.

Dikhawatirkan pengerjaan jalur tol yang akan melewati kawasan Prambanan, maka situs yang ada di sana rawan terganggu bahkan menjadi rusak. Bisa saja lahan tersebut merupakan bagian dari lokasi keberadaan situs cagar budaya.

Sultan menuturkan pembangunan tol di Yogya harus memiliki syarat yakni dibangun di atas ringroad sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas perekonomian atau tidak banyak memerlukan pembebasan lahan.

Gubernur DIY ini juga menilai posisi jalan bertingkat ini dirasa lebih efektif dan efisien tanpa mengorbankan situs bersejarah di Prambanan. Selain itu, Sultan juga menyinggung rencana pemerintah pusat membangun tol Semarang-Yogya melewati Borobudur.

Jalan tol nantinya berdiri di atas ringroad Utara yang berlanjut hingga jalan Jalan Yogya-Solo. Juga ada yang dibangun di sebelah Utara markas TNI kawasan Demak Ijo dan masih ada beberapa wilayah lainnya yang akan di lalui jalan tol.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here