Buaya Muncul Juga di Kali Grogol

0
410

Jakarta, namalonews.com- Kemunculan reptil buaya belakangan ini kerap menghebohkan warga Jakarta. Setelah menampakkan dirinya di kawasan Pondok Dayung, Tanjung Priok dan juga di Banjir Kanal Timur Cilincing, hewan ini muncul juga di Kali Grogol.

Kemunculannya di Kali Grogol, Jakarta Barat, Rabu (27/6/2018), telah merepotkan petugas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bekerja sama dengan petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara untuk menangkap hewan tersebut.

Sayangnya hewan ini kabur ke dalam air saat hendak ditangkap. Petugas kesulitan karena di kali tersebut kedapatan lumpur yang sangat tebal. Menurut informasi warga, di Kali Grogol ini terdapat 3 hewan buaya yang sering berjemur di pinggir kali.

Menurut data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI, sebenarnya ada enam lokasi yang menjadi habitat buaya muara di Jakarta. Seperti Suaka Margasatwa Muara Angke, Taman Wisata Alam Angke Kapuk, hutan lindung Angke Kapuk, muara sungai Tanjungan, Pintu Air Miami, dan Empang Sodeng.

Sebenarnya buaya jarang meninggalkan tempat habitatnya. Kemunculan hewan buas itu di beberapa titik melahirkan beberapa kemungkinan. Pertama, hewan melata itu merupakan buaya penangkaran yang lepas. Lalu yang kedua, buaya tersebut merupakan buaya milik warga yang lepas dan kemungkinan lainnya, buaya tersebut bermigrasi dari habitat aslinya.

Kepastian asal buaya muara tersebut hanya bisa dipastikan ketika buaya tersebut ditangkap hidup-hidup. Membedakan buaya peliharaan dan buaya liar akan terihat dari sifat liarnya.

Jika diberikan daging dan langsung menyambar, berarti buaya tersebut berasal dari alam liar. Namun jika hewan ini maunya daging yang telah dipotong-potong itu berarti buaya ini berasal dari tempat penangkaran.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here