Iran Terancam Hapus Dari Pasar Minyak Dunia

0
112

Jakarta, namalonews.com- Perbedaan pendapat mulai beredar antara Amerika Serikat dan Iran terkait pasar minyak dunia. Bahkan, Iran menegaskan Amerika Serikat tidak mungkin menghapus Iran dari daftar anggota pasar minyak dunia.

Sebelumnya, Amerika Serikat menyatakan keinginannya untuk menghapus Iran dari pasar minyak dunia. Namun, pernyataan tersebut langsung dibantah oleh pemerintah Iran. Pemerintah menilai ancaman tersebut adalah sesuatu yang tidak mungkin terjadi atau dilakukan.

“Iran selalu mengekspor 2,5 juta barel minyak mentah per hari ke pasar dunia. Dan, sekarang Amerika Serikat ingin menyuling dan menghilangkannya dengan mudah dan dalam beberapa bulan. Ini adalah sesuatu yang tidak mungkin terjadi,” kata Pejabat Iran pada Rabu (27/6/2018).

Sementara itu, departemen luar negeri Amerika Serikat meminta semua negara untuk menghentikan impor minyak dari Iran sejak November tahun lalu. Pada bulan kemarin, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menarik Amerika Serikat dari kesepakatan Iran dengan enam kekuatan dunia pada Juli 2015. Tujuan pembentukan ini sebelumnya adalah membatasi kemampuan nuklir Teheran sebagai ganti pencabutan beberapa sanksi.

Bahkan, Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan untuk menerapkan kembali sanksi Amerika Serikat terhadap Teheran yang sempat ditangguhkan berdasarkan atas perjanjian tersebut.

“Perutusan Amerika Serikat akan mengunjungi Timur Tengah pada pekan depan untuk mendesak beberapa penghasil dari Teluk demi menjamin dan memastikan pasokan minyak dunia saat Iran dikeluarkan dari pasar. Amerika Serikat berencana akan memberlakukan kembali sanksi tersebut pada 4 November mendatang,” kata Pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here