Lapisan Pelindung Anti Gores Untuk Kapal Selam

0
60

Jakarta, namalonews.com- Bukan hanya kendaraan yang berjalan di aspal saja yang kini bisa dilapisi cairan untuk menghindarkan korosi atau goresan. Kini, peneliti militer Negara adikuasa, Amerika Serikat, tengah mengembangkan cairan untuk melapisi kapal selam agar meluncur dengan mulus di dalam air.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, Senin (25/6/2018), peneliti Amerika telah menganalisis ratusan kombinasi dan menemukan formula yang tepat. Lapisan cairan ini juga dapat menahan goresan, penyok dan sebagainya.

Formula tersebut merupakan karya seorang profesor ilmu dan teknik material dari Universitas Michigan Anish Tuteja dan didukung oleh The Office of Naval Research (ONR). Cairan yang disebut omniphobik tersebut dapat mengurangi gesekan atau resistensi yang diciptakan pergerakan melalui air pada kapal selam.

Dengan lapisan formula tersebut menjadikan kapal selam menjadi tahan lama, karena selain anti air, juga anti minyak, alkohol dan selai kacang. Bahkan bukan hanya itu, cairan pelapis bodi kapal ini diklaim dapat menghemat bahan bakar.

Jika kapal dapat mengurangi gesekan secara drastis, maka kapal akan mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar atau daya baterai. Dengan demikian maka dapat beroperasi dalam jangka waktu lebih lama.

Selain mengurangi gesekan, cairan pelapis ini diharapkan juga dapat melindungi peralatan bernilai tinggi seperti sensor, radar, dan antena dari berbagai cuaca. Bukan hanya dapat digunakan untuk kapal selam saja, tapi juga untuk pesawat terbang.

Lapisan tersebut juga dapat mencegah es yang terbentuk pada kapal yang beroperasi di daerah yang memiliki suhu dingin. Atau mempermudah dalam memindahkan es dibadingkan metode konvensional seperti pengikisan.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here