Benz Patent-Motorwagen Hanya Memiliki 3 Roda

0
116

Jakarta, namalonews.com- Belum lama ini Mercedez Benz menjual replika mobil yang memiliki hak paten pertama di dunia, Benz Patent – Motorwagen. Seperti dilansir Carscoops, Senin (2/07/2018), mobil klasik tersebut aslinya dibuat oleh Karl Benz pada 1885.

Kemudian, mobil ini diluncurkan pada 3 Juli 1886 dan mulai diproduksi massal sebanyak 25 unit pada enam tahun berikutnya. Uniknya, mobil tersebut hanya memiliki tiga roda dan kental nuansa klasik.

Rodanya lebih mirip seperti sepeda dan hanya ada tiga, satu di depan dan dua di belakang. Interior sudah dilapis dengan bahan kulit.

Dibandingkan Mercedes-Benz modern, Patent-Motorwagen terlihat benar-benar asing. Tunggangan klasik tersebut hanya memiliki kursi kulit tepat di atas mesin pembakaran kecil, yang dioperasikan melalui kontrol pedal tangan.

Sumber tenaga Patent-Motorwagen berasal dari mesin 954 cc satu silinder empat langkah yang dikembangkan Benz ditaruh di bagian belakangnya. Memberikan sentuhan tenaga di bawah 1 hp pada 400 rpm, kala itu mesin tersebut sangat revolusioner.

Beberapa contoh baru dari Patent-Motorwagen memiliki mesin yang lebih kuat, termasuk satu dengan powertrain 2 hp yang dapat mendorong mobil hingga 10 mph (16 km/jam).

Tidak ada rincian jarak tempuh dari replika Patent-Motorwagen, tetapi perusahaan mengatakan itu sebagai “jarak tempuh rendah” dan telah disimpan dalam kondisi asli berkat para ahli Mercedes-Benz Classic.

Meski demikian pihak perusahaan tidak mengumumkan harga jualnya dan hampir tidak mungkin menilai secara akurat berapa nilai layak kendaraan ini. Melihat dari nilai sejarahnya, dipastikan mobil tersebut memang tidak murah.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here