Pabrik Modern Untuk Kereta Api Akan Segera Dibangun

0
201

Jakarta, namalonews.com-Pabrik modern untuk sarana kereta api yang berbasis alumunium dan stainless steel akan segera dibangun. Hal ini disampaikan Direktur Utama Inka Budi Noviantoro pada Minggu (1/7/2018).

Ia menyebut PT INKA (Persero) sedang berusaha untuk meningkatkan dan menambah kapasitas produksi. Dalam hubungan dengan upaya mendorong peningkatan kapasitas tersebut, INKA akan segera mendirikan pabrik baru di Desa Ketapang-Kecamatan Kalipuro-Kabupaten Banyuwangi.

Saat ini, lanjutnya PT INKA sedang menyelesaikan proses perizinan dan rancangan pembangunan untuk pabrik modern tersebut. Ia menegaskan pabrik modern ini bakal digunakan untuk memproduksi sarana kereta api berbasis alumunium dan stainless steel.

“Pembangungan pabrik baru di Banyuwangi tersebut untuk mendorong dan memperkuat pengembangan industri kereta api nasional maupun menjadi jawaban terhadap tantangan kebutuhan sarana kereta api dari luar negeri,” ujarnya.

Ia melanjutkan proses pembangunan tahap pertama dijadwalkan akan mulai berlangsung pada akhir 2018 dan diperkirakan akan bisa beroperasi pada awal 2020. Ia menyebutkan pula total investasi dari rencana pembangunan proyek tersebut tercatat mencapai RP 1,6 triliun.

Noviantoro menambahkan kedekatan antara lokasi pabrik baru tersebut dengan pelabuhan barang Tanjung Wangi yang dikembangkan atau dikelola oleh PT Pelindo III ini nantinya diharapkan akan sangat mendukung perusahaan mempercepat proses pengiriman produk jadi melalui laut.

“Diharapkan bisa sangat membantu baik untuk ekspor maupun untuk kebutuhan pengiriman dalam negeri, khususnya yang berada di luar pulau Jawa,” tambahnya.

Selain itu, INKA juga mencatat kontribusi penjualan ekspor perseroan meningkat drastis dalam tiga tahun terakhir. Hal ini tercermin dari nilai kontrak penjualan ekspor yang tercatat mencapai RP 850 miliar pada 2015. Peningkatan semakin menonjol pada 2017 yang menjadi RP 1,33 triliun. Disebutkan pula bahwa negara-negara yang menjadi tujuan ekspor adalah Bangladesh, Malaysia, Singapura, Australia, dan Filipina.

Di samping untuk mendukung dan memperkuat pengembangan bisnis INKA, pembangunan pabrik modern ini juga diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perindustrian di Kabupaten Banywangi dan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar maupun masyarakat di Kabupaten Banyuwangi secara keseluruhannya.

“Saya bangga PT INKA terus mengembangkan dan memperluas bisnisnya. Banyak negara tertarik membeli kereta api buatan Indonesia. Semoga pembangunan pabrik modern ini berjalan lancar dan bisa selesai sesuai dengan yang direncanakan,” katanya.

Ia menambahkan pembangunan pabrik ini menjadi bukti bahwa industri perkeretaapian nasional mampu menjawabi tantangan kebutuhan saran kereta api dari luar negeri.

“Saya akan terus memantau dan menjamin pelaksanaan pembangunan proyek ini,” demikian menteri BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi pabrik baru INKA tersebut.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here