Sistem “Multilane Free Flow” Akan Berlaku Akhir Tahun 2018

0
190

Jakarta, namalonews.com- Setelah transaksi nontunai dengan media kartu sukses diterapkan‎ di gardu tol, maka dalam waktu dekat rencananya akan diganti dengan media sensor. Sehingga kendaraan tidak lagi mengurangi kecepatan untuk bertransaksi.

Pada akhir tahun 2018 pemerintah akan menerapkan sistem baru transaksi di jalan tol yang disebut multilane free flow (MLFF). Sistem ini memungkinkan pengendara tak perlu mengurangi kecepatan atau berhenti di gardu tol untuk bertransaksi.

Nantinya, akan ada alat pembayaran elektronik yang dipasang pada tiap kendaraan. Alat ini akan memancarkan sinyal yang dibaca alat perekam di gardu tol, sehingga saat pengendara melewatinya, saldo akan otomatis terpotong.

Sistem yang diproduksi Autostrade Tech ini tersambung melalui kombinasi teknologi yang terdiri dari sistem gelombang radio mikro, kamera untuk membaca pelat nomor, dan sistem klasifikasi kendaraan. Sistem MLFF ini sudah diterapkan di beberapa negara, diantaranya Austria, Jepang dan Taiwan.

Meskipun akan segera diberlakukan, namun hingga kini lelang teknologi sistem MLFF yang akan diaplikasikan guna mendukung kebijakan tersebut belum juga dilakukan.

Penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF) memang telah lama diberitakan sejak akhir tahun 2017. Rencananya MLFF akan terwujud di akhir 2018 nanti. Walau begitu, tersiar juga kabar bahwa MLFF akan mundur hingga 2019.

Sejak 31 Oktober ‎2017, sebanyak 35 ruas tol di Indonesia telah menerapkan transaksi nontunai. Maka kita tunggu saja apakah pemerintah jadi menerapkan sistem MLFF pada tahun ini.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here