MUI Ingin Koperasi Dibentuk Di Seluruh Daerah

0
131

Jakarta, namalonews.com- Majelis Ulama Indonesia menginginkan koperasi dibangun lebih banyak lagi di setiap daerah di Indonesia. Disebutkan, koperasi bisa menjadi pemutus rantai kesenjangan ekonomi di antara daerah di Tanah Air.

Ketua Umum MUI-KH Maruf Amin menyebut koperasi sangat ideal untuk bangsa Indonesia karena cocok menjadi wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Selain itu, tambah Amin, koperasi bisa menjadi pisau yang memutus mata rantai kesenjangan di kalangan masyarakat, khususnya kesenjangan ekonomi. “Koperasi merupakan salah satu wadah kelembagaan yang bagus untuk pemberdayaan. Bertolak dari konsep pemahaman ini, MUI menginginkan koperasi dibentuk semakin banyak lagi di setiap daerah untuk menghilangkan kesenjangan, dan pemberdayaan ekonomi umat,” kata Amin pada Selasa (3/6/2018).

Amin menambahkan pemerintah memiliki kewajiban untuk menata koperasi dengan baik. Hal ini bertujuan agar semua masyarakat sadar bahwa koperasi menjadi soko guru perekonomian nasional. Bahkan, Amin optimistis dengan koperasi ekonomi Indonesia tidak akan mudah tergoyahkan oleh pengaruh atau dampak perkembangan ekonomi global.

“Dengan penguatan ekonomi masyarakat, koperasi akan menjadi lembaga yang bakal bisa mengantisipasi dan mendorong pengembangan ekonomi,” tambahnya.

Amin mencontohkan koperasi Mitra Santri Nasional yang belum lama dibangun. Koperasi ini disebutkan memusatkan perhatian pada empat bidang usaha di antaranya keuangan, pemasaran, jasa, dan budidaya pertanian, perkebunan, serta perikanan.

Amin pun berharap koperasi Mitra Santri Nasional menjadi satu langkah awal untuk meletakkan landasan atau dasar rujukan ekonomi umat yang patut diteladani. Dengan demikan, umat akan semakin inisiatif dan kreatif untuk membentuk koperasi lebih banyak lagi di setiap daerah, khususnya di pelosok Tanah Air.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here