Inilah 5 PTN Dengan Jumlah Peserta Diterima Terbanyak Pada SBMPTN 2018

0
190

Jakarta, namalonews.com- Panitia Pusat Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) Tahun 2018 telah menetapkan sebanyak 165.831 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2018 dari total 860.001 peserta yang telah mendaftar di 85 Perguruan Tinggi negeri (PTN) seluruh Indonesia. Hasil tersebut disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Senayan (3/7). Dalam kesempatan tersebut, Menteri Nasir menyampaikan ucapan selamat bagi yang diterima di PTN pilihannya. Sedangkan bagi yang tidak diterima Menteri berharap untuk tidak berkecil hati.

“Saya ucapkan selamat bagi anak Indonesia yang mendapatkan kesempatan yang baik kali ini. Bagi yang belum lulus, masih ada kesempatan lain melalui jalur Seleksi Mandiri. Selain itu juga ada kesempatan mendaftar di perguruan tinggi swasta yang saat ini kualitasnya semakin baik. Kita punya 4.579 perguruan tinggi di Indonesia yang tercatat di laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Tolong dicek apa perguruan tinggi itu aktif atau tidak. Semoga yang aktif jadi pilihan anak Indonesia,” tutur Nasir.

Dari hasil penetapan SBMPTN 2018, ternyata ada fakta yang mengejutkan dan menarik. Menurut Ketua Panitia Pusat SBMPTN 2018, Ravik Karsidi mengatakan fakta menarik tersebut di antaranya perolehan jumlah peserta diterima terbanyak di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Berikut urutan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jumlah peserta diterima terbanyak yaitu :

  1. Universitas Tadulako dengan 5.622 peserta,
  2. Universitas Brawijaya dengan 4.838 peserta,
  3. Universitas Padjajaran dengan 4.556 peserta,
  4. Universitas Nusa Cendana dengan 4.190 peserta,
  5. Univeristas Indonesia dengan 3.809 peserta.

Selain itu, Panitia Pusat SBMPTN 2018 juga menetapkan 45 (16,9%) peserta diterima dari sebanyak 267 pendaftar yang berkebutuhan khusus. “Tunanetra 16 peserta, Tunarungu 10 peserta, Tunadaksa 13 peserta, dan 6 peserta berkebutuhan khusus lebih dari satu jenis,” terangnya.

Hasil Penetapan SBMPTN 2018 diumumkan di Gedung Kemenristek Dikti, Jakarta, Selasa (3/7/2018). Atas nama Panitia Pusat SBMPTN 2018, Ravik menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang diterima sekaligus mengingatkan agar segera melakukan registrasi atau mendaftar ulang pada masing–masing PTN sesuai dengan jadwal. “Bagi peserta yang tidak diterima diharapkan tidak berputus asa dan tetap semangat karena masih memiliki kesempatan mengikuti Jalur Seleksi Mandiri di beberapa PTN yang menyelenggarakan,” ucap Ravik.

Ravik Karsidi juga menyebutkan program studi (prodi) yang paling banyak diminati hampir sama dengan tahun sebelumnya.

“Untuk Saintek yang paling banyak diminati Ilmu Kedokteran, Farmasi, Teknik Informatika. Sedangkan untuk Soshum yang paling banyak diminati yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi. Sementara untuk prodi baru yaitu Aktuaria dan Ilmu Komputer yang sesuai dengan tuntutan perkembangan terakhir atau era revolusi industri 4.0,” terang Ravik.

Selain itu, Menristek juga menyarankan agar peserta mengakses hasil pengumuman melalui tautan alternatif. “Untuk menghindari masalah stag seperti yang banyak dikeluhkan peserta tahun lalu, tahun ini panitia memberikan mirror link sebagai alternatif agar tidak seluruh peserta mengakses melalui link yang sama,” jelas Menristek lebih lanjut.

Informasi akurat pengumuman penetapan hasil SBMPTN 2018 dapat dilihat secara online melalui laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id .Untuk kemudahan peserta mendapatkan informasi tersebut, pengumuman juga dapat diakses pada laman mirror 12 PTN sebagai berikut:

http://sbmptn.ui.ac.id
http://sbmptn.itb.ac.id
http://sbmptn.undip.ac.id
http://sbmptn.its.ac.id
http://sbmptn.ugm.ac.id
http://sbmptn.ipb.ac.id
http://sbmptn.unair.ac.id
http://sbmptn.unand.ac.id
http://sbmptn.unsri.ac.id
http://sbmptn.unhas.ac.id
http://sbmptn.untan.ac.id
http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Penulis: Riananda Dwismara T.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here