Menhub Jamin Akan Telusuri Kecelakaan KM Lestari Maju

0
239

Jakarta, namalonews.com- Pemerintah memastikan akan menelusuri kecelakaan Kapal Motor Lestari Maju usai melakukan pemeriksaan kemarin pada Selasa (3/7/2018). Pemerintah menjanjikan akan mengambil tindakan hukum yang berlakuk.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Selasa malam (3/7/2018).

Budi mengharapkan kecelakaan kapal penyebrangan tidak akan terluang lagi. Oleh karena itu, pikahnya telah memerintahkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi untuk melakukan investigasi penyebab kecelakaan tersebut.

“Untuk itu, saya sudah perintahkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk segera melakukan investigasi terkait penyebab terjadinya kecelakaan kapal penyebrangan tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi menyebut Kementeritan Perhubungan (Kemenhub) telah meminta pihak kepolisian mengambil tindakan sesuai hukum yang berlaku. Hal ini, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan dan menjamin keselamatan transportasi khususnya angkutan perairan. Ia juga menjamin akan mengevaluasi terhadap moda transportasi tersebut.

Bahkan, Budi menjelaskan bahwa sejak tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba pada tiga pekan lalu, pihak Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi untuk menata kembali transportasi penyebrangan.

“Saya telah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perhubungan Laur, dan Inspektur Jenderal Kemenhub untuk segera melakukan evaluasi secara total atau menyeluruh terkait angutan perairan tersebut,” tegasnya.

Budi sangat mengharapkan dengan adanya dua kecelakaan kapal penyebrangan dalam beberapa hari terakhir ini, tidak boleh terjadi kembali apalagi sampai menimbulkan korban. Budi menjamin akan menyampaikan hasil evaluasi tersebut dalam waktu dekat.

Sebelumnya, KM Lestari Maju mengalami kecelakaan mengerikan di perairan Selayar-Kabupaten Bulukumba-Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7) pukul 14.30 WITA. Budi menyampaikan rasa duka cita dan prihatin atas peristiwa kecelakaan tersebut.

Kecelakaan ini menewaskan 24 orang. 71 penumpang lainnya berhasil selamat. Sedangkan, 41 lainnya masih dalam proses pencarian.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here