Tarif Impor Untuk Cina Berlaku Per Hari Ini

0
124

Jakarta, namalonews.com- Perseteruan antara dua negara ekonomi terbesar dunia kembali memuncak usai Amerika Serika menegaskan tarif impor untuku Cina mulai berlaku. Pemberlakuan Tarif Bea masuk impor asal Cina ke Amerika tersebut mulai hari ini, Jumat (6/7/2018). Bahkan, Presiden Amerika Donald Trump menegaskan dirinya siap menghadapi perang dagang dengan Cina.

Disebutkan, Amerika akan memberlakukan kebijakan tarif bea masuk tersebut pada pukul 12.01 pagi waktu setempat. Pemberlakukan tarif impor tersebut mencapai 35 miliar dolar AS.

Menanggapi penerapan kebijakan ini, Cina dikabarkan telah menyiapkan serangan balasan kepada Amerika terkait ketegasan perang dagang Amerika.

Presiden Trump menyebut produk lainnya dari Cina juga akan dikenakan tarif sebesar 16 miliar dolar AS.

Usai rencanan tersebut, perang dagang antara dua negara tersebut akan diperkirakan terus meningkat. Presiden Trump juga menargetkan tarif impor untuk Cina akan ditambahkan lagi senilai 200 miliar dolar AS. Bahkan, Presiden Trum mengancam Beijing akan dikenakan tarif 300 dolar AS jika mereka menolak untuh taat pada tuntutan AS dan terus membalas kebijakan Presiden Trump.

Disebutkan sebelumnya, investasi Cina menurun hingga 92 persen year on year di Amerika. Dalam rilisan Rhodium Group disebutkan perang dagang keduanya menjadi pemicu berkurangnya jumlah investasi perusahaan Cina di Amerika.

Selama Januari hingga Mei 2018, investasi Cina di Amerika tercatat hanya mencapai 1,8 miliar dolar AS. Investasi kuartal pertama 2018 ini menurun 92 persen jika dibandingkan pada periode yang sama di 2017.

Direktur Rhodium Group-Thilo Hanemann menyebut penurunan investasi tersebut merupakan imbas dari perang dagang antara Amerika dan Cina. Selain itu, kebijakan Amerika di era pemerintahan Presiden Trump yang terus memperketat investasi juga menjadi pemicu terjadinya penurunan tersebut.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here