4 Kali Perganitan Pemain Diizinkan FIFA

0
131

Jakarta, namalonews.com- Union of European Football Associations (UEFA) akan segera mengeluarkan perizinan kepada klub-klub di komptesi elite Eropa di antaranya Liga Champions dan Liga Eropa pada Kamis (5/7/2018). Izin tersebut terkait batas pergantian pemain.

UEFA menyatakan setiap klub akan diizinakan melakukan pergantian pemain keempat jika pertandingan akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu mulai musim depan.

Peraturan ini telah disetujui oleh Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA. FIFA menyebut kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada awal tahun ini.

Peraturan ini disebutkan telah suskes diterapkan di Piala Dunia 2018 yang sedang berlangsung sekarang di Rusia.

Berdasarkan kebijakan UEFA yang telah lama diterapkan dan diamandemenkan menyebut tim-tim yang berlaga di Liga Champions dan Liga Europa akan tetap diizinkan melakukan tiga kali pergantian pemain pada waktu normal yakni 90 menit.

Namun, pergantian pemain lain juga bisa dilakukan ketika pertandignana antara kedua tim dilanjutkan ke perpanjangan waktu atau ekstra time.

Kebijakan ini berlaku bagi semua tim, termasuk tim-tim yang belum melakukan pergantian pemain sampai tiga kali dalam 90 menit. Dengan demikian, semuanya bisa melakukan pergantian 4 pemain selama adanya perpanjangan waktu.

Berdasarkan rilisan badan sepak bola Eropa tersebut menyebut serangkaian amandemen terhadap kebijakan atau peraturan permainan sepak bola akan ditetapkan dan diterapkan secepatnya pada berbagai kompetisi UEFA.

Selain itu, UEFA menambahkan klub-klub di Liga Champion dan Liga Europa bisa memasukan maksimal tujuh pemain pengganti dalam line up atau lembar pertandingan para pemain. Sedangkan, khusus untuk final, 12 pemain pengganti dapat masuk dalam daftar atau line up tersebut.

Sementara itu, kebijakan dan peraturan terkait penggunaan komunikasi elektronik di area teknik juga telah diamandemenkan oleh UEFA.

Peraturan ini bertujuan untuk mengatur bentuk komunikasi elektronik apapun dari para ofisial tim yang terdaftar jika hal tersebut berhubungan langsung dengan kesejahteraan, kenyamanan, dan keselamatan sang pemain atau untuk alasan taktik atau kepelatihan.

“Bagaimanapun, itu hanya suatu peralatan kecil, mobile, dan dapat digenggam, yang dapat digunakan,” tulis di  laman UEFA tersebut.

UEFA menyebut ofisial tim yang melanggar peraturan atau kebijakan akan diusir secara langsung dari area teknik atau lapangan.

Penulis: Boni Ogur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here