Anies: Warga Ibu Kota Harap Maklumi Adanya Larangan Potong Hewan Kurban

0
146

Jakarta, namalonews.com- Terkait larangan memotongan hewan kurban di sekitar venue Asian Games yang ada di Pulomas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap warga Ibu Kota memaklumi larangan  tersebut.

“Kami berharap masyarakat memahami karena ini bukan sesuatu yang terjadi tiap tahun. Ini 56 tahun yang lalu ada kejadian, sekarang ada. Dan di seluruh dunia aturannya sama. Mari kita tunjukkan bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Anies di Kantor BPK Perwakilan DKI Jakarta, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (10/7/2018).

Menurut Anies, selain pemotongan, penampungan hewan kurban juga dilarang berada di dekat venue equestrian tersebut. Anies menuturkan Pemprov sudah melakukan sosialisasi atas larangan tersebut.

Larangan pemotongan hewan kurban di sekitar venue Asian Games berdasarkan tersebut instruksi gubernur (Ingub)  Nomor 123 Tahun 2017 tentang pengendalian penampungan dan pemotongan hewan dengan radius satu kilometer dari Equestrian venue Pulomas dalam rangka dukungan penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Sementara itu, menurut Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Irma Budiany, selain pemotongan hewan, penampungan hewan kurban juga dilarang berada di dekat venue equestrian tersebut. Irma menuturkan pelarangan bertujuan menghindarkan kuda pacuan dari penyakit.

“Menghindari penyakit dari ternak, terutama antraks. Penyakit ternak yang bersifat zoonosis nggak boleh,” jelasnya.

Asian Games 2018 sendiri digelar di DKI Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September. Sedangkan Hari Raya Idul Adha 1439 H diperkirakan jatuh pada 21 Agustus.

Penulis: Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here